Tahun baru, Saatnya Beralih ke Software ERP Berbasis Cloud

Software yang jarang dibaharui akan sangat rentan terhadap peretasan dan virus. Jika terlambat melakukan pembaruan maka peluang akan masuknya virus akan sangat besar, terutama ketika menyangkut keamanan atau firewall. Lalu apa hubungannya dengan server? Ya, jelas berhubungan. Jika perusahaan Anda menggunakan Sistem ERP dengan server fisik (local) maka setiap perangkat yang terhubung ke server fisik di perusahaan dapat menyebarkan virus tersebut ke server, yang artinya resiko akan peretasan atau server terjangkit virus sangat besar. Berbahaya bukan?

Untungnya saat ini teknologi sudah berkembang sangat pesat, jadi jawabannya sederhana: beralihlah ke cloud. Mengapa demikian? Hosting software ERP atau software apapun di cloud akan membebaskan Anda dari pemeliharaan yang rumit, selain itu juga berarti Software akan selalu diperbaharui secara otomatis tanpa perlu downtime Sistem dan tentunya aman.

Yakin aman? Iya jelas, karena penyedia cloud server memberikan keamanan jauh lebih serius daripada yang bisa dilakukan perusahaan internal. Untuk penyedia cloud server, faktor keamanan data sudah diperhitungkan sejak mulai design awal dengan melalui sederet tahap pengujian oleh ahlinya. Menguji, memperbarui, dan memonitor sistem secara terus-menerus dan dampaknya pun dapat dirasakan sangat besar.

Tapi, perlu diingat. Jika Anda mulai menggunakan Sistem ERP berbasis cloud server, pilihlah penyedia layanan yang memiliki reputasi yang baik, dan jangan segan tanyakan pertanyaan-pertanyaan kristis untuk menghadapi beberapa kondisi yang mungkin terjadi. Karena data Anda di”outsource”-kan kepada mereka. Maka dari itu pilih dengan cermat vendor yang teruji.

Selain dari sisi keamanan, menggunakan Sistem ERP berbasis cloud server juga akan membuat hidup Anda lebih nyaman. Mengapa demikian? Dengan mengunakan Sistem ERP berbasis cloud, Anda dapat memonitor kondisi perusahaan dimana saja, kapan saja – realtime tanpa perlu membuang waktu untuk menunggu data dari staff. Satu lagi alasan lain Anda harus mulai beralih ke Sistem ERP berbasis cloud adalah nilai investasi. Sistem ERP berbasis cloud dapat disesuaikan dengan kebutuhan, jadi Anda membayar hanya yang digunakan saja, dari sisi hardware Anda tidak perlu berinvestasi perangkat hardware server yang cukup mahal. Cukup hemat bukan?

Jadi, kapan mau migrasi?

www.turboly.com