3 Langkah untuk Menerapkan Solusi Akuntansi yang Tepat

Dalam perusahaan ritel terdapat banyak bagian mulai dari sales, marketing, gudang, keuangan dan semuanya akan bermuara di 1 bagian yaitu akuntansi. Jadi, fungsi Akuntansi dalam usaha ritel cukup penting karena bagian inilah yang akan mengolah data dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan.

Berikut langkah-langkah yang bisa dijadikan acuan dalam menerapkan solusi akuntansi terbaik untuk bisnis Anda:

Langkah 1

Yang pertama adalah langkah adalah mengevaluasi struktur bisnis, proses, dan setiap kebutuhan unik yang kita miliki. Hal Ini membantu kita memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang berhasil dan tidak bekerja dengan solusi akuntansi sebelumnya. Kami merekomendasikan garis besar:

  • Identifikasi permasalahan di Sistem Akuntansi yang digunakan saat ini.
  • Modul apa saja yang kita butuhkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi
  • Kira-kira berapa banyak pengguna yang akan dibutuhkan dan apakah mereka akan membutuhkan tingkat akses yang sama atau tidak
  • Sistem Akuntasi memiliki pengaturan pengguna sesuai fungsinya, sehingga menguraikan aksesibilitas yang dibutuhkan oleh setiap pengguna.
  • Fitur apa yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.
  • Setiap alat yang harus diintegrasikan dengan sistem ERP Anda
  • Budget
  • Timeline implementasi

Langkah 2

Di sinilah kita harus membuat daftar solusi software akuntansi. Kita dapat membuat daftar software akuntasi sesuai dengan ukuran bisnis dan industri. Opsi lain adalah dengan membuat software akuntansi sendiri/ custom.

Langkah 3

Tentukan pilihan. Setelah melakukan penelitian dan review. Kita tahu anggaran dan kebutuhan di perusahaan. Jadi, sekarang saatnya menentukan solusi mana yang akan kita pilih.

Pilihlah penyedia layanan Sistem Akuntasi dapat bekerjasama dengan kita dan menawrkan solusi yang dirancang untuk membantu bisnis tumbuh dan sukses. Vendor Software Akuntansi akan membantu memetakan proyek sesuai anggaran dan tepat waktu, berdasarkan bagaimana prioritas kita. Sebelum implementasi, pastikan vendor software akuntasi terlibat dengan dalam peninjauan business review dan mendokumentasikannya.

Yang paling penting adalah memiliki vendor software akuntasi selalu hadir di setiap langkah - dari awal hingga implementasi dan dukungan yang sedang berlangsung. Dengan bantuan vendor proses migrasi akan semakin mudah dan lancar.

Baca juga : Manfaat Software ERP untuk Mengelola Aktiva Tetap

www.turboly.com