Pelacakan Nomor Serial untuk Toko Elektronik

Mengelola persediaan pada bisnis toko elektronik merupakan pekerjaan yang bisa membebani jika tanpa menggunakan sistem persediaan manajemen yang tepat. Setiap item dalam persediaan barang elektronik terlihat serupa secara fisik tetapi sebenarnya memiliki perbedaan khusus seperti kode desain, nomor model, nomor serial.

Kelola Persediaan dengan Barcode

Menjadi sangat mudah untuk melacak persediaan Anda dengan atribut unik seperti itu dengan bantuan sistem barcode. Mengontrol persediaan barang dengan nomor serial adalah proses yang sulit yang bahkan bisa lebih sulit jika dibandingkan tanpa menggunakan nomor serial dan software manajemen inventory. Dengan bantuan software manajemen inventory dengan serial tracking, kita dapat menentukan sebanyak mungkin atribut yang diinginkan agar Item diidentifikasi secara unik dalam sistem.

Lacak produk yang hilang dengan nomor seri

Setiap bisnis yang memiliki persediaan harus melakukan audit stok atau stock opname untuk mengelola persediaan secara efektif. Ketika stok fisik suatu barang tidak sesuai dengan stok yang ditunjukkan dalam sistem. Sistem ERP memiliki fungsi pelacakan nomor serial/ serial tracking memungkinkan untuk mengoreksi stok sistem sesuai dengan stok fisik. Tetapi, ketika barang yang hilang memiliki nomor barcode, kita mungkin harus menentukan nomor barcode dari barang yang hilang. Ini dapat difasilitasi dengan bantuan sistem manajemen pelacakan melalui barcode.

Penjualan Lebih Cepat dengan Barcode

Software POS Ritel dengan solusi lengkap untuk mengelola barcode dapat digunakan untuk scan kode barcode sambil menambahkan item ke penjualan. Saat scan barcode, secara otomatis nomor serial produk akan masuk kedalam penjualan sehingga membantu tenaga penjualan di toko penjualan untuk melakukan tugas lebih cepat.

Servis dan Perbaikan

Hampir setiap rumah dan kantor memiliki satu bentuk gadget elektronik atau yang lain dan seiring waktu, gadget ini akan memerlukan pemeliharaan, servis dan perbaikan. Ini menunjukkan bahwa memang ada pasar besar untuk bengkel elektronik. Yang perlu dilakukan untuk mengelola secara efektif dengan jenis bisnis ini adalah mencatat nomor serial saat penjualan. Tanpa tanda terima garansi, jangan khawatir sistem dapat melacak masa garansi dan tanggal pembelian yang dilakukan oleh pelanggan Anda.

Software Inventory Serial Tracking seperti Turboly membantu meningkatkan manajemen persediaan dan memungkinkan kita melacak nomor serial barang elektronik. Pelacakan nomor serial juga meningkatkan layanan return dan g menyederhanakan proses garansi.

Fitur manajemen nomor serial yang dimiliki Turboly dapat digunakan untuk berbagai jenis usaha, seperti Toko Elektronik, Toko mesin/ sparepart, Toko handphone dan sebagainya.

Baca Juga : BAGAIMANA PENGARUH SISTEM ERP TERHADAP BIAYA INVENTORY?

www.turboly.com