image

Skill yang Wajib Dikuasai Akuntan Perusahaan

Untuk profesional akuntansi perlu memiliki keterampilan akuntansi. Ketrampilan dan kemampuan yang diperlukan bukan hanya keterampilan akuntansi secara teknis, melainkan juga soft skill akuntansi mungkin lebih sulit dipahami. Berikut adalah keterampilan akuntansi terbaik yang perlu dikuasai seorang akuntan:

  • Teknologi Informasi
  • Kompetensi Digital
  • Komunikasi
  • Pengambilan Keputusan
  • Menjadi Pemain Tim
  • Pelayanan pelanggan
  • Keterampilan Digital untuk Akuntan

Manajemen perusahaan mungkin saat ini kurang peduli dengan seberapa expert akuntan mengolah neraca 10 lajur dibandingkan dengan pengetahuan tentang sistem akuntansi. Keterampilan Excel tingkat lanjut untuk akuntan juga dibutuhkan, karena akuntan menggunakan excel di hampir semua bagian, di setiap industri.

Pengalaman bekerja dengan produk tertentu sangat bagus, tetapi kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai perangkat lunak dan sistem menunjukkan fleksibilitas dan kemampuan teknologi.

Keterampilan Excel Dasar untuk Akuntan

1. Presentasi dan Pemformatan

Jika Anda berbagi excel dengan seseorang, penting agar semua informasi mudah dicerna dan dipahami. Memformat sel menggunakan warna, atau variasi font (tebal, miring, dll.) dapat membantu mengomunikasikan apa yang ingin Anda ekspresikan. Misalnya, format bersyarat dapat diterapkan untuk menyorot semua angka negatif dengan warna merah, dan menyorot angka positif dengan warna hijau.

2. Gunakan VOOOKUP

VLOOKUP membuat pencarian data spesifik menjadi sangat sederhana. Jika Anda perlu menarik semua entri (dari satu atau lebih excel) yang berisi bagian data tertentu, ini adalah alat yang harus digunakan.

3. Mengolah Data

Memiliki semua data dalam excel hanyalah langkah pertama. Seorang akuntan yang sangat baik tahu bagaimana memfilter dan mengurutkan kumpulan data apa pun untuk menyiapkan laporan yang sederhana namun informatif tanpa kekacauan yang tidak perlu.

Intelijen Bisnis untuk Memberikan Saran yang Dapat Ditindaklanjuti

Kemampuan menghasilkan angka yang tepat waktu dan akurat tentu saja merupakan salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki akuntan. Keterampilan sebenarnya terletak pada kemampuan menganalisis data keuangan untuk mengungkap tren dan peluang bisnis. Profesional akuntansi dan keuangan yang paling dicari mengumpulkan pengetahuan mereka tentang perusahaan untuk mengubah data keuangan menjadi saran yang dapat ditindaklanjuti.

Komunikasi adalah Softskill Akuntansi yang Penting

Intelijen bisnis tidak berguna jika tidak dapat dikomunikasikan dengan jelas dan ringkas kepada rekan kerja, klien, dan regulator. Komunikasi yang efektif, baik lisan maupun tertulis, sangat dibutuhkan, terutama pada saat beberapa ahli percaya bahwa SMS dan email telah mengikis keterampilan komunikasi antarpribadi.

Ketegasan

Secara teori pencatatan Akuntansi yang sempurna adalah di mana setiap informasi yang dibutuhkan tersedia dan setiap pencatatan transaksi mudah dilakukan. Di dunia nyata, profesional akuntansi berurusan dengan informasi yang tidak jelas dan skenario yang tidak tepat secara teratur. Kemampuan untuk menemukan dan menginterpretasikan data untuk mendukung keputusan yang dipikirkan dengan matang sangat diinginkan oleh akuntan.

Kehati-hatian adalah Soft Skill Penting Lainnya untuk Akuntansi

Akuntan menangani informasi sensitif, sehingga mereka harus teliti dan dapat dipercaya. Anda dapat menangani catatan keuangan rahasia atau informasi gaji. Atasan perlu tahu bahwa Anda dapat diandalkan untuk menjaga kerahasiaan informasi.

Kecenderungan ke arah perfeksionisme juga merupakan sifat akuntan yang diinginkan. Anda akan diandalkan untuk melakukan tinjauan mandiri menyeluruh terhadap semua pekerjaan sebelum diserahkan. Bagaimanapun, pekerjaan Anda bisa melibatkan jutaan dolar. Jika kesimpulan Anda tidak 100 persen akurat, akibatnya bisa menjadi bencana.

Menjadi Pemain Tim

Citra stereotip seorang akuntan yang introvert dan gila kerja yang menghabiskan sepanjang hari bersosialisasi di belakang meja. Saat ini, akuntansi sangat berorientasi pada tim. Apakah Anda bekerja dengan departemen akuntansi untuk menyiapkan laporan keuangan atau menghabiskan banyak waktu tatap muka dengan klien, kemampuan untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang lain dan bekerja menuju tingkat yang lebih penting.

Pemikiran Akhir tentang Keterampilan Akuntansi Teratas yang Dibutuhkan untuk Sukses

Akuntansi adalah seni dengan opsi yang tidak terbatas. Keterampilan teknis sangat penting, tetapi kemampuan untuk mensintesis data dan berkomunikasi dengan orang lain mungkin lebih penting. Dapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang dicari oleh pemberi kerja dan pikirkan bagaimana keterampilan Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Kemudian, Anda akan lebih siap untuk mendapatkan pekerjaan yang paling cocok untuk Anda.

Baca Juga : Fungsi dan Pentingnya Laporan Keuangan

www.turboly.com