Memahami Biaya Franchise

Bisnis franchise adalah salah satu usaha yang menjanjikan dewasa ini, selain praktis dan “aman” bisnis model ini memiliki keuntungan yang bagus bagi kedua belah pihak. Namun sebelum Anda masuk kedalam usaha franchise, ada biaya yang harus dibayarkan kepada pemilik franchise. Biaya ini disebut biaya franchise. Biaya waralaba atau franchise adalah pembayaran yang dilakukan oleh pewaralaba (franchisee) kepada pemilik waralaba (franchisor) untuk bergabung dengan sistem waralaba. Pemilik waralaba melisensikan merek dagang, merek layanan, nama dagang, logo, atau merek milik lainnya kepada pemegang waralaba.

Dalam hal ini pemilik waralaba memiliki kontrol atas seluruh operasional. Pewaralaba memiliki kewajiban melakukan pembayaran kepada pemilik waralaba sesuai dengan kesepakatannya biasanya dibebankan per tahun.

READ MORE

Maksimalkan Laporan Akuntansi Untuk Masa Depan Bisnis

Akuntansi dan keuangan merupakan salah satu point penting bagi perusahaan modern. Banyak perusahaan enggan melakukan pencatatan akuntansi dan keuangan karena dianggap rumit dan dan memakan waktu. Tapi sekarang, berkat software akuntansi, pencatatan aktivitas keuangan enjadi semakin menarik bagi perusahaan. Software Akuntansi seperti Turboly Cloud ERP memungkinkan pengguna untuk mempercepat prosedur akuntansi dan menginvestasikan waktu untuk mendapatkan lebih banyak wawasan dari ini dalam laporan.

Bagaimana sebuah laporan dapat memberikan tambahan wawasan yang akan membantu strategi perusahaan dan dapat digunakan sebagai dasar yang bagus untuk rencana bisnis masa depan Anda?

Berikut adalah tiga laporan utama yang pasti layak untuk diinvestasikan.

READ MORE

5 Jenis Strategi Promosi Sederhana

Apakah Anda pernah tidak yakin akan promosi penjualan yang Anda buat di toko? Apakah Anda ide promosi tersebut sudah Anda susun dengan matang untuk mencapai tujuan yang Anda harapkan? Berikut adalah 5 jenis promosi penjualan yang populer yang dapat diterapkan pada penjualan offline maupun online yang akan membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar.

READ MORE

Cara Promosi yang Tepat Bagi Usaha Grosir Distribusi

Industri grosir distribusi grosir B2B menghadapi perubahan cepat dalam hal pelayanan pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung Customer on-demand, pelanggan grosir B2B mengharapkan tingkat layanan sama seperti yang mereka dapatkan sebagai konsumen B2C (individu). Anda berisiko kehilangan pelanggan dan pendapatan jika bisnis grosir Anda tertinggal dalam hal efisiensi, peningkatan penjualan, dan pengalaman pelanggan.

Untuk meningkatkan penjualan grosir B2B Anda, Anda perlu menumbuhkan loyalitas untuk meningkatkan nilai pelanggan, sambil menarik pelanggan baru melalui promosi dan referensi.

Berikut adalah 5 strategi promosi bagi usaha grosir distributor untuk membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan:

READ MORE

5 Tips untuk meningkatkan proses pengiriman bagi Distributor

Respon adalah faktor penting dalam industri grosir dan distribusi. Kemampuan memproses pesanan penjualan tepat waktu dan efisien adalah kunci apakah bisnis akan berhasil atau terpuruk. Respon dan proses pengiriman yang baik adalah faktor pembeda dengan para kompetitor dalam industri grosir distribusi.

Berikut adalah 5 agar perusahaan grosir distribusi dalam meningkatkan kemampuan manajemen inventory dan meningkatkan respon pengiriman untuk memimpin pasar :

READ MORE

3 Tips Bisnis untuk Menghadapi Ketidakpastian

Dalam kondisi “setengah” krisis saat ini, zaman tampak suram bagi bisnis kecil dan menengah. Bagi banyak orang, menghentikan sementara operasi bisnis dan menanggung kerugian sepertinya satu-satunya pilihan yang tersedia. Faktanya, sebagian besar bisnis kecil hanya memiliki kemampuan finansial 3-6 bulan dan hampir tidak cukup untuk bertahan dari resesi jika berlangsung berkepanjangan

Namun, masih ada banyak peluang bisnis selama penurunan yang dihasilkan pasar saat keadaan resesi. Berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan selama penurunan ekonomi ini.

READ MORE

Menjaga Kepercayaan Pelanggan dengan Garansi Produk

Salah satu cara produsen atau penjual untuk meyakinkan pembeli bahwa sebuah produk yang ditawarkan berkualitas baik adalah dengan memberikan garansi/ product warranty. Garansi produk bisa dibilang sebagai hak konsumen meminta pertanggungjawaban penjual atau produsen ketika produk yang dibeli mengalami kesalahan / kerusakan akibat cacat produksi. Layanan garansi ini lazim kita temui untuk produk elektronik dan perangkat seluler hingga kendaraan.

Pada layanan garansi biasanya penjual akan bekerjasama dengan produsen barang memberikan beberapa kompensasi, seperti: jasa perbaikan, penggantian klaim, dan tak jarang ada juga yang hingga memberikan jaminan pengembalian uang.

Dengan adanya garansi bukan hanya konsumen yang akan mendapatkan keuntungan, bagi penjual atau produsen juga mendapatkan manfaat jika memberikan garansi pada produk-produk yang mereka jual.

READ MORE

Pahami Cara Membaca Tanggal Kadaluarsa

Banyak produk yang disekitar kita yang sering kita gunakan memiliki tanggal kadaluarsa. Apakah Anda termasuk orang yang selalu memperhatikannya saat membeli obat atau berbelanja kosmetik? Atau Anda sering lupa tanpa sadar bahwa produk yang Anda beli sudah kadaluarsa?

Tenang, kecerobohan tersebut bukan hanya Anda yang mengalami, namun banyak orang juga mengalami hal yang sama, hal ini disebabkan karena masih banyak orang yang belum memahami sepenuhnya tanda atau nomor kadaluarsa pada kemasan obat atau kosmetik dan produk lainnya.

READ MORE

Bagaimana Consignor Mengontrol Bisnis Konsinyasi

Konsep bisnis konsinyasi tidak hanya menguntungkan dari sisi consignee, tapi juga bagi sisi consignor. Sama halnya dengan consignee, bagi sisi consignor ada risiko bawaan yang membayangi dalam bisnis konsinyasi ini. Berikut adalah ulasan keuntungan dan kerugian dalam mengontrol persediaan konsinyasi bagi sisi consignor pemilik barang.

READ MORE

Menjaga Persediaan Konsinyasi Usaha Ritel

Konsinyasi adalah kerjasama bisnis di mana pemilik barang (consignor) setuju untuk menitipkan barang-barang mereka kepada penerima barang (biasanya ritel) yang umumnya disebut consignee tanpa ada kewajiban pembayaran dimuka. Status barang masih milik pemilik barang/ pengirim dan penerima barang membayar barang hanya ketika mereka benar-benar menjual ke konsumen.

Kerjasama ini dapat sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak apalagi bagi usaha ritel kecil, tetapi juga memiliki beberapa resiko yang mungkin dihadapi. Untuk mendapatkan gambaran tentang persediaan konsinyasi, mari kita lihat beberapa keuntungan dan kerugian bagi usaha ritel sebagai penerima barang :

READ MORE

Cara Memulai Bisnis Waralaba

Waralaba memiliki definisikan sebagai “jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu (pewaralaba) tetapi diberi merek dan diawasi oleh perusahaan yang jauh lebih besar biasanya nasional atau multinasional (pemilik waralaba).

Memiliki waralaba berarti Anda mendapatkan gagasan yang sudah terbukti berhasil. Tentu saja, seperti halnya bisnis apa pun, masih ada tantangan yang terlibat dalam memulai waralaba dan menjalankannya. Sebanyak mungkin pemikiran harus masuk ke merek, lokasi, staff, manajemen hingga ke Sistem ERP yang mendukung waralaba.

READ MORE

Bagaimana Mengelola Persediaan Saat Resesi?

Selama masa pandemi Covid-19 ini, bisnis ritel dan wholesale merasakan perubahan ke pasar karena belanja konsumen melambat. Terjadi penurunan pesanan pelanggan, hingga stok persediaan menumpuk karena tidak ada permintaan yang jika tidak diimbangi dengan strategi jitu akan meningkatkan stok mati.

Jika kita perhatikan kondisi saat ini konsumen berhenti membeli barang mahal atau mewah dan lebih berfokus pada kebutuhan pokok serta berhemat karena mayoritas konsumen mengalami penurunan pendapatan. Stock persediaan akan dalam fase ketidakpastian dalam penetapan harga mereka.

Bagaimana mengontrol persediaan saat resesi?

READ MORE

Hubungi Kami