image

Software Akuntansi Online

Kebanyakan pemilik bisnis kecil memiliki banyak pekerjaan setiap harinya untuk membantu perusahaan sukses. Dan saya bertaruh bahwa akuntansi dan pembukuan tidak ada dalam list karena faktor kenikmatan.

Solusi yang mulai banyak digunakan oleh bisnis kecil adalah software akuntansi online. Aplikasi-aplikasi ini membuat proses kalkulasi penghasilan, arus kas, dan penggajian menjadi mudah dan akurat. Informasi finansial perusahaan Anda akan aman, namun Anda dapat mengakses dari mana saja dengan kode keamanan yang benar.

Sederhananya, software akuntansi online adalah investasi yang sangat bagus untuk semua bisnis kecil.

Ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan bisnis dengan software akuntansi online:

1. Ramah pengguna

Software akuntansi online biasanya mudah dipelajari dan digunakan pada operasional bisnis sehari-hari. Sekali sudah diatur, Anda dapat menjaga akun Anda tetap up to date dengan sedikit pemasukan data reguler - informasi dari laporan bank dan kwitansi dapat secara otomatis diupload dan diproses ke kategori yang benar. Artinya bahwa Anda dan pegawai Anda tidak perlu khawatir tentang rincian akuntansi lanjutan - Anda dapat melakukan apa yang diperlukan secara efisien dengan sedikit klik.

2. Keamanan

Karena software akuntansi online menyimpan data secara online, beberapa pemilik bisnis mungkin merasa khawatir mengenai keamanan. Bagaimanapun, keamanan adalah prioritas utama untuk perusahaan software bisnis online. Sebagai tambahan, koneksi online membuat mudah untuk menerbitkan kwitansi ke klien, menghubungkan dengan informasi bank, dan akses ke kesehatan finansial bisnis Anda, dimanapun Anda berada.

3. Sistem Gaji

Daripada menggunakan semua data kertas, software akuntansi online membuat proses pembayaran gaji lebih akurat dan tepat waktu.

4. Arus Kas

Mengatur arus kas Anda secara efektir dapat membantu bisnis Anda lebih hemat. Software akuntansi online membuat lebih mudah untuk menentukan insentif untuk karyawan dan diskon untuk pelanggan. Sebagai tambahan, manager atau pemilik bisnis dapat melihat keuntungan dan kerugian secara lebih menyeluruh.

5. Invoicing

Salah satu aspek penting dalam setiap bisnis adalah invoicing, karena ini memberikan pemasukan bagi perusahaan. Membuat banyak invoice dengan software akuntansi online menghemat watku Anda dan mencegah kerugian karena kesalahan manusia. Anda bahkan dapat mengirimkan invoice secara langsung ke klien melalui email untuk menghemat kertas dan stempel.

6. Akurasi

Untuk segala jenis komputerisasi bisnis, keakuratan sangatlah penting. Kesalahan penghitungan sangat mungkin mengarah ke kerugian yang signifikan atau isu lain. Software akuntansi online menjaga Anda dari melakukan kesalahan ini.

7. Biaya

Salah satu keuntungan terbesar dari menggunakan software akuntansi online adalah penghematan biaya. Untuk bisnis kecil yang memiliki budget ketat, mempekerjakan seorang akuntan akan menjadi sangat mahal. Bahkan menjalankan software atau server in-house akan mengeluarkan biaya besar dengan upgrade dan aplikasi sistem. Ketika bisnis membeli software akuntansi online, yang harus dipikirkan adalah bagaimana membayar software tersebut dan melatih karyawan untuk menggunakannya. Dan karena sekarang ini banyak perusahaan software online menjalankan bisnis dengan sistem langganan, Anda hanya perlu membayar biaya bulanan yang murah dibandingkan dengan pembayaran sekali bayar yang sangat mahal.

8. Produktivitas

Lembar kerja akan menjadi membosankan dan melelahkan, membuat karyawan Anda menjadi terdistraksi dan menjadi lebih tidak produktif. Software online akuntansi lebih efisien dibandingkan dengan mengisi dokumen karena setengah pekerjaan sudah dilakukan. Ini dapat membantu karyawam menjadi lebih produktif dibandingkan dengan sebelumnya.

9. Kesempatan

Banyak jenis software akuntansi online membantu bisnis melacak kecenderungan kerugian dan keuntungan yang terjadi jauh lebih baik dibandingkan yang dapat mereka lakukan sebelumnya. Ini dapat membantu bisnis untuk menemukan kesempatan baru untuk menaikan pendapatan.

Oleh Joanna Macaluso

Diterbitkan pada 16 Desember 2011