turboly-4 dari Strategi Penetapan Harga Grosir

4 dari Strategi Penetapan Harga Grosir

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan grosir dan distribusi adalah memilih strategi penetapan harga yang tepat. Keputusan yang dibuat terkait harga dapat membuat atau menghancurkan bisnis. Tetapkan harga barang terlalu rendah, dan berisiko kehilangan modal atau bisnis. Di sisi lain, jika menetapkannya terlalu tinggi, akan berisiko kehilangan pelanggan karena kompetitor.

Jadi, bagaimana menetapkan harga grosir?

turboly-Bagaimana Mempromosikan Sebuah Bisnis Grosir Baru

Bagaimana Mempromosikan Sebuah Bisnis Grosir Baru

Saat memulai sebuah bisnis baru selalu menyenangkan dan dengan energi yang masih penuh, ingin mengambil langkah berani berikutnya, dan segalanya terasa mungkin. Tapi, yang namanya binis baru mungkin tidak semua orang akan mengetahui atau belum mengetahuinya.

Masalah pertama yang perlu diatasi saat memulai bisnis grosir yang baru adalah meningkatkan kehadiran kita di pasar. Pada awalnya, pasti kita akan berada dalam bayang-bayang perusahaan grosir yang besar dan mapan, dan itu tidak masalah. Setiap orang harus mulai di suatu tempat. Yang diperlukan hanyalah sedikit kreativitas, banyak tekad, dan metode yang benar seperti berikut :

turboly-Cara Agar Pelanggan Grosir Tetap Setia

Cara Agar Pelanggan Grosir Tetap Setia

Dalam bisnis grosir yang terpenting bukan hanya menjual kepada pelanggan, namun cara kita memperlakukan mereka juga penting. Memberikan kepada mereka produk dan layanan yang mereka butuhkan. Memberikan mereka bonus karena mereferensikan pelanggan lain kepada Anda. Memberikan mereka perhatian seperti ucapan selamat ulang tahun dan hari jadi perusahaan mereka. Bersikap sopan dan profesional saat menangani masalah mereka. Semua hal ini menjadi kombinasi untuk membuat pelanggan tetap senang, dan ini menguntungkan secara bisnis.

Berikut adalah cara cara sederhana yang dapat membuat pelanggan grosir tetap menjadi pelanggan setia :

turboly-2 Alasan Utama Customer Beralih ke Supplier Lain

2 Alasan Utama Customer Beralih ke Supplier Lain

Kehilangan pelanggan karena supplier lain bisa membuat frustasi, terutama setelah menginvestasikan begitu banyak uang, waktu, dan upaya untuk menjalin kerjasama. Terkadang alasan mereka beralih akan tidak jelas, dan mungkin menggelitik.

Saat menghadapi hal ini, pikiran pertama adalah harga, maka perhatikan lebih dekat. Bertentangan dengan kepercayaan yang umum, biaya bukanlah segalanya yang menjadi segalanya dalam hal customer dan pengambilan keputusan mereka. Jika customer telah memilih untuk beralih supplier lain, keputusan mereka sering kali tidak dimotivasi secara finansial. Misalnya, jika sebuah perusahaan terus-menerus gagal memenuhi waktu pengiriman yang dijanjikan dan ini menyebabkan gangguan pada bisnis, maka tidak ada penurunan harga yang akan memperbaikinya. Segera setelah pelanggan menemukan kesepakatan yang lebih baik dari orang lain, kontrak tersebut akan hilang.

turboly-MENGENAL 4 TIPE SUPPLIER

MENGENAL 4 TIPE SUPPLIER

Istilah supplier umumnya disalah-artikan dengan distributor yang menjual produk jadi pada para pedagang ritel. Untuk itu, kami telah memberikan gambaran singkat tentang proses, kekuatan, dan kekurangan dari empat jenis supplier yang umum.

  1. PRODUSEN DAN VENDOR

Saat bekerjasama dengan produsen dan vendor, itu adalah saatnya kita bekerja dengan sumber rantai distribusi tertinggi. Produsen & vendor adalah pihak yang melakukan riset, mengembangkan, dan menghasilkan produk. Secara efektif, mencari bahan dari produsen berarti tidak perlu membayar bisnis tambahan apa pun untuk penanganan dan penyimpanan produk.

Banyak produsen membuat produk setelah dipesan (pre-order). Hal Ini dapat membuat waktu tunggu lebih lama dibandingkan saat kita membeli atau memesan dari grosir dan distributor. Namun, jika yang dibutuhkan bukanlah sesuatu yang tersedia atau diproduksi secara massal, produsen dan vendor dapat membuat pesanan dalam jumlah besar sesuai spesifikasi khusus yang dibutuhkan. Produsen akan ideal digunakan ketika efisiensi dan kekhasan menjadi prioritas utama.

  1. GROSIR DAN DISTRIBUTOR

Pedagang grosir dan distributor dikenal karena membeli persediaan dalam jumlah besar, menyimpannya, dan menjualnya dalam jumlah yang lebih kecil ke bisnis retail. Mereka mengkhususkan diri dalam membawa ukuran standar dalam volume tinggi. Karena produk sudah dibuat, mungkin memiliki pilihan terbatas, tetapi waktu pergantian pesanan akan lebih singkat.

  1. PENGRAJIN INDEPENDEN

Pengrajin independen yang membuat karya mereka sendiri seringkali menjual karyanya secara mandiri atau bermitra dengan perwakilan yang membantu menjual produk akhir mereka. Pengrajin independen terkenal dengan kekhasan atau keunikan, bersama dengan detail buatan tangan. Bahan bersumber dari pengrajin independen biasanya ideal untuk proyek yang melibatkan pembelian dalam jumlah kecil di mana waktu giliran adalah prioritas yang lebih rendah.

  1. Importir

Ketika Anda mendengar pembicaraan tentang manufaktur di luar negeri, supplier yang mengimpor dan mengekspor barang-barang manufaktur tersebut dikenal sebagai importir. Importir membeli bahan mereka dari satu negara, dan kemudian mereka menjual bahan yang sama di negara lain.

Saat kita mencari bahan melalui importir, pesanan dalam jumlah besar dalam ukuran standar adalah tempat yang paling menguntungkan. Volume tinggi membantu mengimbangi biaya yang dikeluarkan melalui pengiriman dan pengangkutan produk. Tidak jarang membeli dari grosir atau distributor yang sumber dari importir juga.

SUPPLIER PRODUK MANA YANG TERBAIK?

Apa pun industrinya, akan menemukan salah satu dan semua jenis supplier ini beroperasi sesuai dengan segmen dan pasarnya. Saat mencari supplier yang tepat untuk perusahaan, yang terpenting adalah melihat kebutuhan apa dan jenis supplier mana yang paling sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Baca Juga : PERBEDAAN VENDOR DAN SUPPLIER

www.turboly.com

turboly-Cara Tepat Bertransaksi Dengan Supplier

Cara Tepat Bertransaksi Dengan Supplier

Salah satu tugas terpenting dari bagian purchasing adalah negosiasi ketika menjalin bekerja sama dengan supplier untuk mendapatkan produk dengan harga yang ideal. Keterampilan negosiasi adalah modal utama yang dibutuhan.

Berikut tips untuk membangun strategi negosiasi yang sukses untuk menjaga rantai distribusi barang tetap aman :

turboly-Pelacakan Nomor Serial pada Inventory

Pelacakan Nomor Serial pada Inventory

SKU (Stock Keeping Unit) membantu mengidentifikasi dan melacak item tertentu serta membantu pengecer mengontrol kuantitas produk. Di sisi lain, ada produk-produk tertentu yang tidak hanya memiliki SKU namun juga memiliki nomor seri melacak masing-masing item, meskipun terlihat serupa, namun produk-produk ini memiliki identitas urutan angka yang unik.

Nomor seri merupakan cara produsen untuk melindungi diri mereka sendiri dari pembajakan. Nomor Seri juga membantu konsumen dan retailer dalam proses persyaratan garansi dan melacak produk curian. Berbagai macam produk terutama elektronik memiliki nomor seri, seperti Ponsel, AC, TV dan lain sebagainya.

Bagaimana Nomor Seri Dibuat, Direkam, dan Dilacak Dalam Rantai distribusi?