image

Modern Retail Store - Stock Inventory that Sells

Pemerintah Indonesia memprojeksikan pertumbuhan GDP sekitar 5% untuk tahun 2016 ini, artinya ada perlambatan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini. Banyak retailer mulai merasakan dampak dari perlambatan ekonomi ini, yang mana bisa berarti penurunan penjualan sekitar 30% sampai 35% dari biasanya di tahun sebelumnya.

Bagaimana toko retail bisa bertahan? Penjualan turun namun biaya sewa dan operasional seperti biaya karyawan naik terus? Salah satu kunci sukses dan penting adalan manajemen inventaris.

Apa artinya? Artinya setiap pemilik toko retail harus memahami benar (1) apa produk yang paling laku dan diminati pembeli, dan ditambah dengan (2) berapa jumlah stok yang harus selalu siap atas barang yang paling laku tersebut.

Banyak pemiki toko sadar atas poin (1) namun atas poin (2) hampir majoritas gagal, karena tanpa sistim yang mendukung sulit sekali untuk memiliki automasi pesan ulang, visibilitas inventaris (bila memiliki banyak toko), pergerakan barang, lokasi barang (di toko mana, atau gudang mana), jumlah maksimal untung pesan ulang, dan berapa lama waktu rata rata setiap supplier melakukan proses dari pesanan sampai pengantaran ke toko anda. Semua faktor itu tidak bisa dipelajari secara manual, melainkan harus secara automatis, yaitu melalui sistem POS dan ERP yang mendukung.

Perusahaan besar sudah biasa dengan ini, mereka siap untuk investasi puluhan milyar untuk memasang sistim ERP yang benar, namun bagaimana dengan perusahaan yang berukuran medium?

Juga bila biaya investasi awal mahal (capex) maka apa ROI (return on investment) bisa didapatkan? Jawabannya belum tentu.

Teknologi berubah terus, dalam sektor Fintech (financial technology) berubah begitu cepat sekarang ini, dan khusus untuk memecahkan masalah inventaris ini Turboly.com memiliki fitur-fitur yang menjawab dan membantu pemilik toko (baik 3 cabang ataupun 300 cabang) untuk memiliki visibilitas yang real time dan maksimal. Sistim memungkinkan pemilik toko memaksimalkan inventaris agar yang laku selalu ada stok dan yang tidak laku sangat minimal, uang anda bergerak di barang yang produktif agar sales/penjualan dan keuntungan anda maksimal.

Hanya dengan investasi Rp.600rb per bulan, anda bisa menjalankan sistim POS/ERP berkelas enterprise yang bersaing dengan investasi milyaran. Sekarang anda bisa menang.

www.turboly.com