image

Fungsi dan Manfaat SKU Dalam Usaha Retail

Stock keeping unit atau lebih dikenal dengan SKU sangat berhubungan erat dengan product management. SKU yang baik harus mudah dipahami dan berisi informasi spesifik mengenai suatu jenis barang, merk, ukuran, warna, type, dsb. Penyusunan dan penerapan SKU yang tepat, akan sangat berguna bagi pelaku usaha retail untuk menganalisa barang dengan jumlah yang banyak dengan spesifikasi beragam.

Manfaat SKU dalam usaha retail antara lain :

Identifikasi Spesifikasi Barang

Pada usaha retail, satu jenis barang akan memiliki spesifikasi yang beragam. Mulai dari merk, type, ukuran, warna, dsb. Penerapan SKU yang baik adalah SKU yang berisikan semua informasi detail dari barang tersebut, sehingga mudah dalam mengidentifikasinya karena SKU adalah kunci untuk membedakan suatu barang dengan barang yang lain.

Menjaga Ketersediaan Barang

Dalam usaha retail persediaan barang dagangan adalah hal paling utama. Masing-masing barang akan diberikan kode SKU sesuai dengan spesifikasinya agar pergerakan barang mulai barang tersebut mulai diterima dari supplier, dijual ke konsumen bahkan rusak akan dapat dipantau dengan baik. Pencatatan pergerakan barang secara sistem ataupun manual dengan “bin card” tetap mengacu kepada SKU dari barang tersebut.

Melacak Lokasi Barang

Pada usaha retail, akan sangat mudah kita temui suatu toko memiliki lebih dari satu gudang penyimpanan. Penerapan SKU yang jelas dan tepat akan memudahkan pelaku usaha untuk mengetahui dimana barang tersebut disimpan.

Mengidentifikasi Keuntungan Suatu barang

Dengan penerapan SKU yang tepat akan menghasilkan suatu laporan yang memberikan informasi detail mengenai penjualan dan keuntungan suatu barang sampai ke detail spesifikasi dari barang tersebut (merk, jenis, ukuran, warna, dsb). Laporan-laporan ini membantu menentukan barang dengan spesifikasi mana yang harus diinvestasikan dan yang mungkin harus dikurangi atau bahkan dihentikan penjualannya.

Speed up Your Business!

www.turboly.com