3 Unsur Penting Dalam Menentukan Lokasi Usaha Retail

image

Didalam mendirikan sebuah usaha retail banyak aspek yang harus diperhatikan sejak awal mendirikan usaha, salah satu yang terpenting adalah lokasi usaha. Lokasi yang baik akan mendatangkan peruntungan yang baik untuk usaha anda.

Lokasi toko sangat menentukan keuntungan bagi usaha anda, lokasi strategis yang mampu mendatangkan banyak pelanggan adalah lokasi yang begitu diinginkan oleh semua pelaku usaha retail. Sehinggan persaingan untuk mendapatkan lokasi yang baik saat ini terbilang cukup ketat.

Yang harus diingat jangan terlena dengan harga sewa yang rendah, ini dapat saja akan membunuh bisnis anda. Dan juga jangan takut akan lokasi dengan harga sewa yang tinggi, jika lokasi tersebut cukup menjanjikan, mampu mendatangkan banyak pelanggan, serta memiliki akses yang baik untuk dikunjungi maka ini akan menjadi sebuah investasi yang sangat berharga.

Terdapat 3 unsur penting dalam menentukan lokasi usaha retail anda, diantaranya yaitu :

1. Bagaimana lokasi yang anda pilih dapat memenuhi kebutuhan pelanggan

Bagaimana keadaan target pembeli anda? apa pekerjaan mereka? Bagaiman mereka hidup? Anda membutuhkan tempat yang mudah ditemukan dan mudah didatangi. Contohnya jika target pembeli ada orang tua muda, maka dapat dipastikan tangan meraka akan penuh dengan anak-anak mereka, peran anda disini adalah menyediakan tempat untuk mengakomodasi yang mereka butuhkan.

Disamping itu lihatlah dari sudut pandang pembeli, dimana pelanggan anda ingin bisnis anda berada. Contohnya jika anda ingin membuka sebuh apotek, jalankanlah usaha tersebut di lokasi yang dekat dengan rumah sakit. Hal tersebut akan mampu menarik pelanggan anda. tempatkan diri anda dimana pelanggan anda berada.

2. Lokasi Yang Memungkinkan Anda Untuk Bebas Berbisnis

Kenalilah peraturan daerah dimana usaha retail anda didirikan. Daerah yang memiliki potensial dibangun jalan raya atau pusat perbelanjaan akan memberi dampak pada usaha anda. Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai aturan yang mampu menghalangi jika suatu waktu anda mengadakan acara spesial di store anda. Cara terbaik adalah dengan mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Berbagai aturan, bentuk pelarangan atau konstruksi yang mungkin terjadi dalam jangka waktu tertentu yang mampu menghalangi perkembangan bisnis anda. Lebih baik banyak bertanya dari pada tidak sama sekali, semakin banyak informasi yang anda dapat mengenai lokasi usaha anda maka akan lebih baik untuk perkembnagan usaha anda.

3. Temukan Lokasi Yang Dapat Meminimkan Biaya Iklan

Terdapat banyak cara untuk menarik perhatian pelanggan, salah satu caranya adalah dengan menggunakan jasa iklan, anda dapat mengiklankan usaha yang sedang anda jalani, namun biaya iklan terbilang cukup mahal saat ini. Dan ini adalah salah satu keuntungan jika anda membuka usaha dilokasi yang baik dan menarik perhatian banyak orang adalah anda tidak perlu mengiklankan usaha anda, anda dapat meminimkan dana promosi. sehingga dana untuk iklan dapat anda alihkan untuk program lain untuk meningkatkan pelayan terhadap pelanggan anda.

Dalam mendirikan usaha retail tentunya anda bebas memilih lokasi yang anda inginkan, dimanapun lokasi usaha anda pilihlah lokasi yang mampu memberikan yang terbaik untuk usaha anda.

Sekarang yang perlu anda fikirkan adalah bagaimana jika anda tidak mampu mendapatkan lokasi yang strategis? Atau anda sudah lebih dahulu terlena dengan lokasi yang biaya sewanya rendah. Apa yang harus anda lakukan selanjutnya? Maka anda perlu trik unik untuk menarik perhatian pelanggan untuk melirik usaha anda, jika memang gunakanlah jasa iklan untuk menarik perhatian pelanggan akan usaha anda.

turboly.com