7 Tips Penting Dalam Memilih POS System

image

POS system atau Point Of Sales system merupakan sebuah program khusus yang umum dipergunakan di toko retail maupun restoran untuk mempermudah transaksi penjualan. Lebih spesifik lagi, POS system merupakan hardware atau software yang digunakan saat transaksi. Sistem ini lebih dari sekedar membantu transaksi jual beli, namun juga meliputi manajemen barang dan stock, perhitungan hutang piutang, modul penggajian karyawan dan banyak fungsi lainnya lagi.

POS system saat ini terbagi menjadi dua yaitu POS konvensional yang berupa software untuk diinstal ke komputer dan POS yang berbasis cloud dengan akses internet serta memungkinkan untuk diakses secara mobile.

Penggunaan POS system dalam usaha Anda tentu akan memberikan nilai tambah tersendiri. Apa saja nilai tambah tersebut?

- Memudahkan proses kontrol pada semua transaksi

Penggunaan POS system akan banyak membantu Anda dalam melakukan proses kontrol pada semua transaksi yang terjadi. Semua laporan tersedia dengan cepat, sehingga akan memudahkan Anda melihat hasil penjualan sekaligus mengambil keputusan ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

- Meningkatkan kualitas pelayanan

POS system memungkinkan proses transaksi yang cepat, efisien dan sistematis sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen.

- Meningkatkan citra usaha

Menggunakan POS system akan membuat pengelolaan transaksi lebih cepat, mudah dan profesional sehingga membuat citra usaha Anda di mata konsumen menjadi lebih baik.

- Memudahkan pembayaran

Dengan POS system, konsumen dapat melakukan pembayaran baik dengan cash, kartu kredit maupun kartu debit. Program tersebut akan secara otomatis terkoneksi pada akun bank milik Anda serta terhubung dengan financial tracking system.

Meski banyak keuntungan yang didapat dengan penggunaan POS system, namun Anda tetap harus cermat dalam memilihnya. Berikut ini 7 tips penting dalam memilih POS system :

1. Pilih aplikasi yang banyak direkomendasikan

Semakin banyak aplikasi tersebut digunakan oleh usaha retail, maka bisa dipastikan aplikasi itu memiliki fitur dan kelebihan yang disukai dan dibutuhkan. Jika memungkinkan, lakukan survey ke retail-retail ternama untuk mengetahui POS system yang mereka gunakan.

2. Perhatikan profil developer

Perhatikan juga bagaimana reputasi developer yang membuat POS system tersebut. Pilih developer yang benar-benar terpercaya, karena mereka akan bertanggung jawab dan sigap bila terjadi kerusakan atau error pada hardware dan software POS.

3. Pahami dengan baik fitur-fitur yang ditawarkan

Banyak developer menawarkan berbagai paket POS system dengan harga yang berbeda-beda. Agar tak salah pilih, tanyakan lebih jauh tentang fitur-fitur tersebut dan pahami dengan baik. Pilih sistem yang memang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

4. Pilih sesuai budget

Meski fitur-fitur yang ditawarkan cukup menggiurkan, sebaiknya sesuaikan harga dengan budget Anda. Kebanyakan POS system membutuhkan investasi yang tidak sedikit, namun jika Anda menyesuaikan dengan kebutuhan, bisa jadi justru akan menghemat pengeluaran.

5. Sistem mudah digunakan

POS system yang terlalu rumit akan menyulitkan Anda dan para karyawan Anda. Akibatnya proses transaksi berjalan lebih lama daripada semestinya. Karena itu, pilih tampilan sistem yang sederhana dan mudah digunakan (user friendly).

6. Dukungan teknis

Sebelum terlanjur memilih POS system, sebaiknya tanyakan dahulu apakah tersedia dukungan teknis ketika sistem bermasalah. Jika memang ada, artinya Anda tak perlu khawatir lagi pada masalah sistem yang mungkin terjadi, karena Anda bisa melaporkannya dan akan segera ditangani teknisi dari layanan tersebut. Namun jika tidak, maka beralihlah ke produk POS system lainnya yang menyediakan dukungan teknis bagi Anda.

7. Tersedia garansi

Developer yang profesional akan memberikan garansi minimal 1 tahun untuk produk layanannya. Meski ada yang hanya menyediakan garansi untuk beberapa bulan saja, sebaiknya pastikan terlebih dahulu tentang masa garansi ini sebelum memutuskan menggunakan layanan mereka.

Jadi, memilih POS system yang tepat untuk usaha Anda memang tidak bisa sembarangan. Perlu adanya beberapa pertimbangan agar sistem yang Anda gunakan benar-benar membantu mempermudah pekerjaan Anda. Semoga bermanfaat!

turboly.com