Langkah Terbaik Dalam Menjalankan Multi Store Outlet

image

Menjalankan beberapa toko akan terasa lebih berat dibanding hanya menjalankan sebuah toko, owner bisnis skala kecil mampu memanage segala aktiftas bisnisnya, mereka dapat mengawasi pekerja serta dapat mengobservasi pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.

Sedangkan untuk multi store outlet langkah sukses yang dilakukan akan sangat berbeda tentunya. Terdapat beberapa langkah yang mungkin dapat anda lakukan dalam menjalankan multi store outlet. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Fokus Pada Proses

Menjalankan lebih dari satu lokasi usaha akan membutuhkan tenaga ekstra, fokus pada setiap alur bisnis yang terjadi. Selalu pantau laporan bisnis setiap harinya akan lebih membantu jika menggunakan bantuan dari sistem komputer untuk mengontrol laporan setiap lokasi dari usaha.

2. Memiliki Pekerja Yang terlatih

Setiap lokasi usaha pasti memiliki culture yang berbeda satu sama lain, karena perbedaan culture tersebut setiap pekerja harus terus dilatih agar dapat memenuhi standar disetiap lokasi. Karena pelanggan tetap menginginkan pelayanan terbaik disetiap store. Pengalaman yang dimiliki pekerja akan dapat menunjang perkembangan bisnis yang anda jalani.

3. Pilihlah Tangan Kanan

Saat menjalankan multi store outlet sang owner harus memilih seseorang yang dapat dipercaya disetiap lokasinya. Seseorang tersebut akan bertugas mengatasi masalah yang akan mungkin muncul disetiap store. Dengan memilih seseorang yang dapat dipercaya tersebut tentunya akan lebih meringankan tugas sang owner. Namun berhati-hati lah dalam memilih pilihlah seseorang yang benar-benar memiliki kemampuan dalam menjalankan tugas tersebut.

4. Kolaborasi

Dengan memiliki multi store anda tidak dapat menjalankannya sendirian, anda akan perlu bantuan dari beberapa pihak, maka berkolaborasilah dengan orang-orang dari berbagai lokasi yang berbeda atau dari perusahaan yang berbeda, karena bisa jadi mereka memiliki beberapa pengalaman yang dapat dibagi dalam melayani pelanggan.

5. Pantau Setiap Store

Saat memiliki multi store dilokasi yang berbeda sangat penting untuk selalu memantau keadaan di setiap store. Gunakan sistem yang dapat memantau seluruh penjualan disetiap lokasi. Dengan demikian dapat teridentifikasi lokasi mana yang memiliki prestasi terbaik dalam penjualan produk, selanjutnya lokasi lain dapat mencontoh taktik yang dilakukan lokasi tersebut dengan harapan dapat meningkatkan penjualan serta kepuasan pelanggan.

6. Taati Peraturan Lokal

Dengan mendirikan store dibeberapa lokasi, maka mungkin sekali disetiap lokasi tersebut memiliki peraturan yang berbeda untuk usaha retail. Peraturan tersebut harus dipahami dan ditaati. Cari tahulan secara rinci peraturan yang berhubungan dengan usaha yang anda jalankan dilokasi tersebut agar usaha yang anda jalani tidak bertabrakan dengan peraturan pemerintah.

7. Jagalah Komunikasi

Komunikasi merupakan aspek yang sangat penting, komunikasi harus terjalin secara konstan, dengan komunikasi yang terjalin sang owner dapat mengetahui segala perkembangan yang terjadi disetiap storenya. Jika memang merasa perlu buatlah sebuah grup yang akan menjadi media sharing setiap store, segala hal yang terjadi dapat diposting melalui grup tersebut.

8. Pantau Keadaan Keuangan

Tujuan owner menjalankan multi store adalah untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani, sekaligus untuk mendapatankan keuntungan yang lebih banyak lagi. Sederhananya jika memiliki banyak store maka akan lebih banyak lagi keuntungan yang didapat. Namun jika sistem keuangan setiap store tidak dipantau dengan baik setiap harinya ditakutkan akan terjadi kerugian yang besar bagi usaha anda. Gunakan sistem yang dapat memantau keadaan keuangan setiap store, jika perlu mintalah laporan keuangan setiap harinya dari setiap store.

turboly.com