Tips Mengelola Multi Store Outlet Dalam Usaha Retail

image

Seiring dengan perkembangan toko retail yang semakin pesat dengan jumlah permintaan yang terus bertambah di berbagai kota, Anda pun mulai mempertimbangkan perluasan usaha ke lokasi-lokasi selanjutnya. Meski hal tersebut berdampak sangat bagus bagi perkembangan bisnis, Anda toh tetap harus mempertimbangkan banyak hal agar bisnis dengan multi store outlet bisa berjalan dengan lancar. Karena tanpa penanganan yang baik, bukan mustahil justru kerugian demi kerugian yang Anda dapatkan. Lalu bagaimana cara menangani multi store outlet ini? Berikut tips mengelola multi store outlet dalam usaha retail yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

PERSIAPAN SEBELUM MEMBUKA CABANG

1. Pastikan tempat pertama dapat berjalan lancar tanpa Anda

Sebelum memutuskan membuka cabang baru, pastikan terlebih dahulu bahwa tempat pertama dapat berjalan lancar tanpa kehadiran Anda secara konstan. Artinya toko utama harus benar-benar mandiri dan dapat beroperasi dengan baik, sebelum Anda melanjutkan dengan lokasi kedua. Membuka cabang baru tentu akan menyita sebagian besar waktu Anda, sehingga Anda harus bisa memastikan memiliki orang yang tepat dan berpengalaman untuk menjalankan lokasi pertama meski tanpa kehadiran Anda sehari-hari.

2. Persiapan modal untuk cabang baru

Persiapan modal ini sangat penting dilakukan jauh-jauh hari jika memang Anda berniat memiliki multi store outlet. Jangan sampai dengan pembukaan lokasi lain, bisnis utama Anda mengalami gangguan dalam finansial.

3. Pemilihan lokasi yang tepat

Sebagaimana membuka cabang bisnis baru, pemilihan lokasi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Apakah lokasi tersebut cukup strategis, apakah aksesnya cukup mudah, bagaimana dengan segi keamanan, semua itu harus menjadi pertimbangan Anda.

4. Persiapan SDM yang berkualitas

Berencana membuka cabang baru artinya SDM juga harus dipersiapkan dengan matang sejak awal. Jika memang belum menemukan SDM yang kompeten, Anda bisa mengelolanya sendiri hingga menemukan orang yang tepat untuk mengelola cabang baru tersebut.

PENGELOLAAN CABANG BARU

1. Manajemen kontrol yang tepat

Seperti bayi yang baru lahir, Anda tidak bisa melepas cabang baru begitu saja. Meski Anda telah memiliki SDM yang profesional, tetap saja Anda harus mengontrol semuanya dengan bijak. Mulai dari produk, pasar atau SDM yang berkaitan dengan bisnis Anda. Lakukan hal tersebut hingga cabang baru benar-benar mandiri dan tidak terlalu bergantung dengan Anda.

2. Lakukan evaluasi

Evaluasi sangat diperlukan dalam setiap bisnis, apalagi untuk bisnis yang masih baru dan dalam perkembangan. Jadwalkan evaluasi setidaknya sebulan sekali untuk melihat perkembangan bisnis Anda sekaligus mendapatkan informasi penting seputar cabang bisnis baru yang sedang Anda kelola tersebut.

3. Tentukan strategi

Setelah melakukan proses evaluasi, Anda akan menemukan beberapa kekurangan, masalah atau hambatan dalam pengembangan multi store outlet. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisa yang mendalam untuk menemukan strategi-strategi baru dalam meningkatkan performa bisnis Anda. Namun pastikan semua strategi berasal dari proses analisa data, dan bukan hanya berdasarkan spekulasi semata.

Membuka cabang atau mengelola multi store outlet dalam usaha retail merupakan sebuah langkah besar. Banyak keuntungan yang bisa Anda raih seperti peningkatan profit, pengenalan produk pada masyarakat yang lebih luas bahkan mendominasi pasar. Namun ekspansi bisa membahayakan karena Anda harus berkomitmen dengan tanggung jawab untuk pengembangan cabang baru. Karenanya, persiapan sejak awal sebelum cabang baru dibuka hingga cara pengelolaan yang benar sangat diperlukan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Semoga menginspirasi Anda!

turboly.com