Toko Retail - Lokasi Menentukan Prestasi

image

Pemilihan lokasi merupakan faktor yang sangat penting dalam pengelolaan usaha retail. Lokasi yang strategis akan turut menentukan tercapainya tujuan perusahaan. Dengan lokasi yang tepat, sebuah toko atau gerai kemungkinan bisa lebih sukses daripada toko lainnya yang memiliki lokasi kurang strategis. Meskipun keduanya menjual produk yang sama, memiliki jumlah pramuniaga yang terampil dan sama banyak, tetap saja lokasi menentukan prestasi sebuah toko retail.

Dalam penentuan lokasi tersebut, diperlukan pengetahuan yang baik dari pemilik usaha untuk menganalisa area perdagangan di sekitar. Bagaimana jarak dengan pemukiman penduduk, apakah ada pesaing di dekat lokasi, dan sebagainya.

Nah, jika saat ini Anda sebagai pebisnis retail ingin mencari lokasi strategis untuk usaha Anda, berikut beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Akses ke lokasi

Pertimbangkan akses menuju lokasi toko Anda, apakah jalan di depan toko terdiri dari dua arah atau satu arah. Bagaimana para pelanggan akan mengakses toko Anda, apakah harus memutar jalan jika menggunakan kendaraan, dan sebagainya. Pertimbangkan akses yang paling mudah untuk dapat mencapainya.

2. Traffic

Arus lalu lalang orang dan kemacetan kendaraan tentu akan sangat berpengaruh pada jumlah pengunjung di toko Anda. Pertimbangkan pula traffic ini, jika toko Anda memang independent atau berdiri sendiri di luar kompleks pertokoan atau pusat perbelanjaan.

3. Mudah terlihat

Toko retail yang terletak di tempat strategis dan mudah terlihat tentu lebih mudah menarik minat pelanggan, apalagi ditambah papan nama yang mencolok dan eye catching. Hal ini sangat jelas bahwa lokasi menentukan prestasi.

4. Dekat dengan target market

Pastikan target market Anda, apakah menyasar kalangan tertentu, umur tertentu dan sebagainya. Jika toko Anda dekat dengan target, tentu pelanggan juga mudah mengunjungi, lebih hemat biaya dan waktu. Bagaimanapun untuk toko retail, lokasi menentukan prestasi sehingga penentuan target market pada lokasi tidak bisa diabaikan begitu saja.

5. Biaya sewa

Lokasi strategis umumnya memang menuntut harga sewa yang tinggi dan berbeda jauh dengan lokasi kurang strategis. Jika memang biaya ini mampu tertutupi dengan potensi yang akan didapatkan, memang lebih baik memilih lokasi yang strategis meski dengan harga lebih tinggi.

6. Lingkungan sekitar

Jangan abaikan jenis usaha di kanan kiri toko Anda, karena ternyata akan sedikit berpengaruh kepada minat pelanggan. Misalnya, usaha cafe akan lebih cocok berada di deretan usaha warnet, distro, game daripada berada di samping toko bangunan atau bengkel motor.

7. Legalitas

Legalitas suatu lokasi yang akan Anda pilih penting untuk diperhatikan. Jangan sampai terjadi masalah di kemudian hari dalam hal regulasi kawasan atau perijinan yang akan merugikan usaha Anda sendiri.

Jadi sekarang kita tahu bahwa lokasi toko merupakan keputusan terpenting bagi seorang pengusaha retail. Lokasilah yang menjadi pertimbangan utama calon pelanggan untuk mengunjungi toko Anda. Selain itu, jika masalah harga dan barang-barang dapat diubah sedemikian rupa dalam waktu singkat, ini tidak berlaku pada keputusan lokasi.

Jika ingin melakukan perubahan pada lokasi, tentu Anda harus melakukan investasi tambahan untuk membeli atau menyewa tempat lain beserta perjanjian sewa-menyewanya. Dan ini tidak wajar dilakukan pengusaha karena sangat merugikan. Untuk itulah, pemilihan lokasi toko harus benar-benar dipikirkan sejak awal pendirian usaha, agar dapat meminimalisir kerugian investasi di kemudian hari.

Ingat, lokasi menentukan prestasi. Dengan lokasi yang tepat, Anda bukan hanya mampu bersaing dengan usaha sejenis, namun juga menghemat biaya promosi karena pelanggan akan mudah menemukan toko Anda.

turboly.com