6 Cara Menarik Pelanggan Dan Meningkatkan Penjualan Selama Musim Liburan

image

Liburan adalah moment yang sangat ditunggu oleh siapa saja, musim liburan menjadi kesempatan yang baik untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga maupun teman.

Jika anda menjalankan sebuah bisnis, maka moment tersebut akan menjadi peluang baik untuk meningkatkan penjualan bisnis anda, apa saja cara untuk meningkatkan penjualan selama liburan?

Berikut 6 cara untuk tetap berhubungan dengan pelanggan anda sekaligus meningkatkan penjualan selama liburan :

1. Penawaran Spesial Diskon, berikan diskon spesial untuk pelanggan terbaik anda atas barang yang paling sering mereka beli. Manjakan pelanggan terbaik anda dengan berbagai macam penawaran special selama musim liburan, hal tersebut tentu akan membuat mereka semakin loyal terhadap anda. Jangan segan-segan untuk memberi hadiah kepada mereka sekaligus dengan ucapan Happy Holiday kepada pelanggan terbaik anda.

2. Tawaran Pilihan Hadiah. Mungkin anda menjalankan sebuah bisnis otomotif, pelayanan jasa, atau lainnya, bagaimana hadiah yang dapat anda berikan kepada pelanggan anda? Dengan berbagai macam produk dan jasa yang anda punya maka memilih salah satu akan sangat sulit. Mungkin saja hadiah yang anda berikan bukan sesuatu yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan anda. Untuk itu berikan kesempatan kepada pelanggan anda memilih yang mereka suka. Buatlah sebuah daftar hadiah, dimana pelanggan anda dapat memilih yang mereka perlukan. Dengan cara seperti ini pelanggan anda akan merasa sangat senang, ini juga dapat menjadi kesempatan yang luar biasa baik dalam meningkatkan penjualan serta pelayanan anda terhadap pelanggan.

3. Cross Sell. Musim liburan adalah waktu yang tepat untuk menjalankan strategi cross sell. Tawarkan sebuah produk yang selaras dengan produk lain yang sudah pelanggan anda miliki sebelumnya. Misalkan pelanggan anda membeli satu set anting di tahun lalu, maka di tahun ini anda dapat tawarkan kalung yang cocok untuk dipasangkan dengan anting tersebut. Atau jika pelanggan anda membeli sebuah paket spa, maka anda dapat berikan voucher untuk memanjakan diri di sebuah home spa sebagai hadiah. Bayangkan betapa senangnya pelanggan anda? Cross sell adalah jalan yang baik untuk meningkatkan penjualan. Anda juga dapat bekerja sama dengan pihak tertentu untuk menjalankan strategi ini.

4. Ide untuk Hadiah. Kebanyakan dari kita sering kesulitan dalam menentukan hadiah yang ingin diberikan untuk seseorang. Pelanggan anda mungkin saja mengalami hal seperti itu juga, Dengan situasi seperti ini bantulah pelanggan anda dengan mengirimkan/berbagi saran hadiah untuk seseorang, misalkan hadiah terbaik untuk sang ibunda, atau hadiah terbaik untuk partner kerja. Apa produk anda yang sangat populer, siapa saja yang membeli produk tersebut? Anda dapat berbagi hal-hal seperti ini dengan pelanggan anda, dan mereka akan sangat berterima kasih. Dan hal ini juga akan membuat anda semakin dekat dengan pelanggan setia anda.

5. Program Spesial. Selama liburan merupakan kesempatan emas anda untuk menjalankan beberapa program special untuk menarik perhatian pelanggan anda, misalkan program free delivery atau free wrapping. Hal ini tentu akan sangat berguna di saat liburan bukan? Program free delivery seperti ini akan sangat meringankan pelanggan anda tentunya.

6. Kartu Ucapan. Berilah perhatian lebih kepada pelanggan anda selama musim liburan, salah satu caranya dengan mengirimkan kartu ucapan “Happy Holiday” serta harapan semoga sukses untuk kepada pelanggan anda. Pelanggan anda akan merasa dihargai, kirimlah kartu ucapan tulus tanpa usaha untuk menjual produk anda. Hal seperti ini juga dapat anda lakukan saat hari ulang tahun pelanggan anda. Mereka akan merasa sangat tersanjung tentunya.

turboly.com