Dampak E-Commerce Pada Penjualan Retail

image

Perkembangan dunia internet telah membawa banyak kemudahan dalam berbagai aspek, termasuk juga dalam bisnis retail. Jika dulu penjualan masih dilakukan dengan cara tradisional, seperti adanya kios-kios atau toko kelontong, sekarang sebagian besar mulai mengembangkan sayap bisnisnya secara online.

Disinilah muncul istilah e-commerce atau electronic commerce yaitu bisnis atau usaha yang melibatkan perusahaan atau individu untuk melakukan transaksi bisnis melalui jaringan internet. E-commerce memungkinkan pertukaran barang dan jasa secara lancar tanpa hambatan jarak dan waktu.

e-commerce pada penjualan retail terbilang sangat membantu. Pebisnis retail dapat memperluas cakupan pasarnya, tidak terbatas pada orang yang lalu lalang di depan toko saja atau promosi dari mulut ke mulut. E-commerce memungkinkan pebisnis untuk langsung berinteraksi dengan konsumen, memudahkan proses pembayaran serta mempercepat pertukaran data, karena di dalam e-commerce juga mencakup beberapa teknologi seperti chat, email, transfer dana elektronik (melalui paypal, kartu kredit dan sejenisnya), pertukaran data-data yang dibutuhkan dan sebagainya.

Lalu apa saja manfaat e-commerce bagi pemilik usaha retail dan para pelanggannya?

###1. Manfaat e-commerce Bagi Pemilik Usaha###

Berikut adalah dampak e-commerce pada penjualan retail yang akan dirasakan oleh para pemilik usaha :

- Penjualan global

e-commerce memungkinkan penjualan secara global, sehingga penjualan pun dapat mencakup pasar yang lebih luas. Lain halnya jika mengandalkan toko fisik yang tentu saja pangsa pasarnya akan sangat terbatas. Melalui e-commerce, seluruh dunia akan melihat penawaran Anda dan melakukan transaksi secara langsung.

- Pengurangan biaya perusahaan

Melalui e-commerce, biaya operasional perusahaan dapat berkurang seperti sewa tempat atau gedung, penyediaan toko dan pegawai. Hal ini akan dapat meningkatkan keuntungan bersih perusahaan. Bagian keuntungan perusahaan inilah yang nantinya sebagian dapat dibagikan kepada pelanggan dalam bentuk diskon.

- Lebih mudah mendapatkan pelanggan baru

Dibandingkan usaha retail secara fisik, retail online akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru. Saat ini banyak orang yang melakukan pencarian sesuatu melalui mesin pencari, dan bukanlah hal yang sulit bagi pelanggan untuk mengikuti link yang disarankan mesin pencari lalu mendarat pada sebuah situs e-commerce milik Anda.

- Memudahkan memberi informasi secara detail

Pada usaha retail biasa, ada keterbatasan dalam membekali karyawan untuk menanggapi pelanggan yang menginginkan informasi secara detail mengenai produk atau layanan. Namun melalui situs e-commerce, Anda dapat membuat informasi secara detail dan menambahkan beberapa informasi lainnya lagi yang dapat memudahkan pelanggan memahaminya.

- Buka sepanjang waktu

Situs e-commerce dapat diakses sepanjang waktu, 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu (24/7). Sehingga sebagai pemilik usaha, hal ini merupakan keuntungan karena dapat meningkatkan arus pelanggan dan jumlah pesanan. Salah satu hal yang tidak Anda temukan pada usaha retail biasa.

###2. Manfaat e-Commerce Bagi Pelanggan###

Setelah memahami manfaat e-commerce bagi pemilik usaha, berikut ini manfaat e-commerce bagi para pelanggan :

- Menghemat waktu dan biaya perjalanan

Tak jarang pelanggan harus melakukan perjalanan jauh untuk mencapai toko retail yang mereka sukai. Dengan memanfaatkan e-commerce, mereka dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan karena dapat mengunjungi toko yang sama secara virtual, melalui beberapa klik saja.

- Harga lebih murah

Ini salah satu hal yang disukai pelanggan yaitu mendapatkan harga lebih murah. Pemilik usaha dapat memberikan diskon atau harga lebih murah karena biaya operasional perusahaan yang jauh lebih hemat.

- Belanja tak terbatas waktu

Pelanggan mendapatkan kenyamanan karena pelayanan tak terbatas waktu pada situs e-commerce, yaitu 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Ini memudahkan mereka juga dalam pengecekan barang, berkomunikasi maupun dalam transaksi pembelian. Berbeda dengan toko retail fisik yang memiliki waktu terbatas dalam jam buka dan pelayanannya.

- Pembelian lintas wilayah

Melalui e-commerce, pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian tak hanya di dalam negeri, namun juga dari luar negeri tanpa harus melakukan perjalanan ke negara itu sendiri. Ini juga salah satu hal yang sangat menyenangkan para pelanggan.

Nah, dampak e-commerce pada penjualan retail benar-benar sangat membantu, bukan? Bagi pemilik usaha, ada sejumlah keuntungan yang dapat dirasakan. Begitu juga bagi para pelanggan, ada banyak kemudahan yang didapatkan.

Jika Anda saat ini sebagai pemilik usaha retail fisik, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan kemajuan teknologi dalam dunia digital dengan memanfaatkan e-commerce. Sesuaikan saja dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan, lalu mulailah bersaing secara global. Selamat mencoba!

turboly.com