Mengelola Hutang Secara Efektif

image

Di tengah iklim ekonomi yang sulit serta tidak stabil, membuat sejumlah pemilik usaha kecil mungkin mengalami beberapa kesulitan, seperti persediaan barang yang sudah menumpuk atau hutang-piutang, masalah ini dapat membuat kas bisnis akan terganggu.

Pelaku usaha harus mulai bisa mengidentifikasi area mana yang dapat mengurangi biaya pengeluaran dan mampu meningkatkan pendapatan. Salah satunya adalah dengan mulai memperhatikan cara pengelolaan hutang lebih efisien dan menghidupkan kembali kas bisnis/usaha anda.

Terdapat beberapa tips yang dapat membantu anda dalam mengelola hutang, yaitu :

1. Review Tingkat Suku Bunga

Jika suku bunga pinjaman untuk usaha anda secara signifikan lebih tinggi dari tarif saat ini, maka fikirkan kembali untuk mendapatkan pinjaman dengan pembayaran bulanan yang lebih rendah. Sebelum anda bertemu dengan pemberi pinjaman, langkah terbaik yang harus anda lakukan adalah meninjau kembali kredit anda untuk memastikan tidak ada kesalahan. Nilai kredit yang lebih tinggi merupakan indikasi dari manajemen keuangan yang sukses.

2. Negosiasi Dengan Supplier

Jangan ragu ataupun segan untuk melakukan negosiasi dengan pemasok atau supplier anda. Mintalah potongan harga terutama jika anda memesan dalam jumlah yang besar. Dengan demikian jika anda mampu mendapat diskon maka jumlah yang harus anda bayar akan lebih kecil.

3. Kurangi Pengeluaran

Jika saat ini anda memiliki sejumlah hutang dalam bisnis anda, maka berfikirlah untuk mulai menghemat pengeluaran anda, kurangi pengeluaran yang tidak perlu atau anda anggap tidak terlalu penting. Semakin sedikit pengeluaran anda maka semakin membuka peluang untuk mampu melunasi hutang yang anda miliki.

4. Rutin Mencicil

Jika hutang yang anda miliki kepada supplier anda dalam jumlah yang besar sehingga membuat anda tidak mampu membayarnya sekaligus maka mulailah untuk mencicil hutang anda, pastikan untuk mencicil secara rutin tanpa menunggak. Mintalah keringanan dalam membayar kepada supplier anda. Jika riwayat pembayaran anda selama ini baik maka tidak menutup kemungkinan supplier anda akan memberi sedikit keringanan.

5. Jangan Membuat Hutang Baru

Banyak sekali usaha harus gulung tikar karena tidak mampu melunasi hutang yang mereka miliki, jangan menggunakan system gali lobang tutup lobang, ini akan sangat berbahaya. Lunasi hutang anda satu persatu dengan sebisa mungkin tidak membuat hutang yang baru karena akan membuat anda sendiri kesusahan dalam melunasinya.

6. Tingkatkan penjualan / pendapatan

Meski anda sedang menghadapi masa-masa yang sulit maka jangan jadikan hal tersebut alasan untuk tidak bersemangat. Tingkatkan penjualan anda dengan berbagai cara kreatif, dengan tingkat penjualan yang mencapai tingkat maksimum keuntungan yang anda dapat akan dapat digunakan untuk melunasi hutang anda.

7. Konsultasi dengan Bankir Anda

Bankir Anda dapat menjadi sumber daya yang besar untuk ide-ide dalam membantu bisnis Anda. Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan bankir anda tentang usaha Anda dan diskusikan ide-ide anda dan tujuan keuangan anda atau masalah keuangan anda dengan dia. Setelah bankir anda menjadi akrab dengan bisnis Anda, ia dapat memfasilitasi perkenalan ke vendor, pemasok atau kontak lainnya yang dapat melengkapi bisnis Anda. perkenalan ini sangat membantu selama masa ekonomi sulit ketika bisnis mungkin berusaha untuk sumber daya kolam renang.

Mengelola utang merupakan bagian penting mempertahankan arus kas bisnis Anda. Mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan dapat membantu mengelola utang bisnis Anda. Pertimbangkan untuk melakukan konsultasi dengan penasihat keuangan terpercaya untuk saran tambahan tentang pengelolaan utang.

turboly.com