Voucher Kupon Sebagai Media Promosi

image

Seperti kita ketahui, poin penting dalam meningkatkan rate penjualan sebuah produk atau layanan dalam bisnis adalah promosi. Banyak sekali cara-cara berpromosi yang telah diterapkan para pebisnis, salah satunya adalah dengan mengadakan voucher kupon sebagai media promosi.

Voucher kupon merupakan tren baru dalam bisnis untuk memberikan hadiah kepada konsumen yang menggunakan produk atau layanan. Voucher kupon merupakan potongan harga yang tidak bisa diuangkan pada saat itu juga, namun bisa dibelanjakan dalam bentuk barang sesuai nilai harga dalam voucher tersebut. Tujuan pemberian voucher kupon sendiri adalah agar konsumen datang kembali dan melakukan sebuah transaksi.

Tahukah Anda bahwa voucher kupon bisa menjadi media promosi yang lebih efektif daripada iklan?

Sebuah iklan dibuat untuk menarik minat pasar dalam membeli sebuah produk atau menggunakan layanan dalam bisnis. Namun pembuatan dan pemasangan iklan pada media jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal jika ditanya tentang efektivitasnya dalam menghasilkan sebuah transaksi atau penjualan, pasti harus diuji terlebih dahulu, apakah memang mampu mendatangkan pembeli atau tidak. Iklan yang tidak ditangani dengan baik dan profesional, hanya akan menjadi iklan yang sia-sia dan tidak menghasilkan apapun.

Hal ini berbeda dengan voucher kupon sebagai media promosi. Voucher kupon seakan sebuah iming-iming bagi konsumen untuk kembali datang di waktu tertentu dan menukarkannya menjadi sebuah barang atau mengurangi pembelanjaan pada hari itu juga. Manfaatnya akan lebih cepat didapat dan dirasakan oleh konsumen daripada sebuah iklan. Itu sebabnya voucher kupon bisa menjadi media promosi yang lebih efektif daripada iklan.

Seiring dengan perkembangan dunia digital, voucher kupon sebagai media promosi pun bisa dilakukan dengan sistem online yang dikenal dengan istilah e-voucher. Banyak bisnis yang mengembangkan sayapnya ke ranah online untuk menjangkau pangsa yang lebih luas, dan voucher kupon masih digunakan sebagai salah satu media promosi yang dapat mendatangkan arus pembeli bahkan pelanggan.

Beberapa tipe bisnis yang cocok untuk media promosi berupa voucher kupon adalah :

1. Bisnis yang bergerak dalam bidang jasa

Bisnis jasa merupakan bisnis yang cocok menggunakan voucher kupon untuk promosinya dibandingkan dengan bisnis yang menjual produk. Hal ini disebabkan nilai margin bisnis jasa umumnya lebih besar sehingga akan sangat menguntungkan jika memanfaatkan voucher kupon. Contoh bisnis jasa adalah bisnis travel, bisnis perhotelan, bisnis transportasi dan sebagainya.

2. Bisnis yang memiliki pengeluaran tetap tinggi

Pengeluaran tetap yang dimaksud adalah biaya sewa tempat, biaya listrik dan biaya-biaya lainnya yang rutin dalam jumlah sama. Jika bisnis ini mampu menarik banyak pelanggan, maka akan sangat menguntungkan untuk menutupi biaya-biaya tersebut.

3. Bisnis lifestyle yang berlokasi di kota besar

Bisnis yang berlokasi di kota besar dengan sasaran untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat perkotaan adalah salah satu bisnis yang sesuai menggunakan voucher kupon sebagai media promosi. Hal ini disebabkan kebiasaan berbelanja masyarakat perkotaan untuk memenuhi gaya hidup masih terbilang sangat tinggi, sehingga voucher kupon adalah sarana yang pas digunakan untuk menarik minat konsumen lebih aktif lagi. Contoh bisnis lifestyle adalah bisnis hiburan, bisnis restoran dan spa.

Banyak sekali cara melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik sebuah bisnis. Meski demikian pilihlah cara yang paling tepat dan paling cocok dengan bisnis Anda sehingga promosi yang dilakukan benar-benar tepat sasaran dan mendapatkan hasil sesuai harapan.

turboly.com