5 TIPS YANG DAPAT DILAKUKAN SELAMA OFF SEASON

image

Dalam bisnis penjualan baik itu barang ataupun jasa, periode waktu (musim) akan sangat berpengaruh dan hal ini bisa dibilang cukup unik. Faktanya penjualan di awal tahun, pertengahan tahun maupun akhir tahun akan berbeda, tergantung anda melihat dari sisi yang mana. Para pengusaha biasanya memiliki waktu puncak setiap tahun dimana akan banyak orang yang berkunjung untuk membelanjakan uang mereka.

Dalam menjalankan bisnis, anda mungkin akan berfikir keras selama off-season. Apakah ada cara menghasilkan uang melalui bisnis anda bahkan selama itu bukan musim puncak dimana komsumen datang beramai-ramai?

Haruskah anda fokus mempersiapkan strategi baru untuk musim mendatang?

Jika anda belum mengetahui apa yang harus dilakukan selama off-season, berikut terdapat beberapa pilihan yang dapat anda pertimbangkan.

Tip 1: Tingkatkan Daftar Konsumen Sebanyak Mungkin

Saat anda sudah berada dipertengahan off-season, pastikan untuk mengambil kesempatan untuk melihat petunjuk untuk meningkatkan data anda. Ajak orang-orang untuk berlangganan newsletter anda dan dorong pelanggan untuk follow social media yang anda miliki. Begitu off-seasons tiba anda sudah memiliki grup atau perseorangan yang tertarik dengan bisnis anda sebelumnya. Hal juga sebagai salah satu cara untuk mempromosikan bisnis anda.

Tip 2: Dorong Konsumen Untuk Memberi Penilaian Terhadap Bisnis Anda

Selama bisnis anda “sepi” dorong konsumen loyal anda untuk kembali bernostalgia dengan meminta penilaian/ review tentang pengalaman berbelanja/ berkunjung ke tempat anda. Mereka akan mengingat bisnis anda saat penilaian tersebut dibaca selama off-seasons. Anda juga dapat menggunakan cerita yang sama untuk pemasaran selama off-seasons, pilihan lain untuk meningkatkan minat untuk musim mendatang.

Tip 3 : Ciptakan Promo Yang Luar Biasa Selama Off-Seasons

Pikirkan tentang bagaimana perubahan pelayanan anda selama off-seasons, memberikan penawaran promo yang menarik merupakan alasan masuk akal untuk tetap menarik customer anda saat ini. Contoh sederhana jika anda menjalankan sebuah usaha fashion retail, anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk memberikan promo diskon, undian hadiah dsb dan sebarkan melalui social media. Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi customers setia anda.

Tip 4 : Strategi Pemasaran Setahun Penuh

Meskipun bisnis anda tidak berjalan dengan bagus selama off-season, itu bukan berarti bisnis anda berhenti, tentu tidak. Beralihlah ke pemasaran secara online, karena pemasaran online tidak pernah berhenti.

Gunakan social media untuk mempromosikan penilaian konsumen anda, iklankan penawaran menarik mengenai bisnis anda, link kan ke konten yang anda tulis, dan mulailah untuk menarik perhatian. Karena social media adalah tempat terbaik dimana konsumen anda dapat berbagi cerita mereka, jangan lupa untuk membuat hashtag khusus untuk anda.

Dan juga jangan lupa gunakan email untuk selalu update informasi kepada customer loyal anda, ini adalah kombinasi yang sempurna selama off-season, komunikasi melalui email untuk berbagi sesuatu yang berhubungan dengan konsumen anda. Strategi ini akan meningkatkan minat konsumen dengan bisnis anda, namun pastikan untuk berbagi informasi melalui email secara bijak, hanya membagikan hal yang bermanfaat.

Tip 5 : Fokus Pada Daerah Lokal

Jika anda menjalankan bisnis di kota kecil, maka komunitas lokal akan menjadi aspek yang sangat penting, dan komunitas tersebut sering berupaya untuk mengajak turis mendatangi daerahnya. Mungkin selama off-season anda dapat megakrabkan diri dengan komunitas lokal seperti dengan mengadakan beberapa acara/ event yang menarik perhatian mereka. Hal ini untuk membangun citra anda di hadapan masyarakat lokal, dan juga sebagai ajang promosi di daerah anda sendiri.

Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam mengatur strategi dalam menghadapi off-seasons.

turboly.com