7 Benefit Menjalankan e-commerce

image

Awalnya sistem berbelanja online belum semarak sekarang ini, sebagian masih meragukan sistem berbelanja online. Masih terdapat berbagai keraguan saat ingin berbelanja online. Seiring dengan berjalannya waktu internet sudah menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat saat ini. Hal ini juga berefek ke sistem belanja online yang mulai dilirik oleh masyarakat urban.

Dengan begitu tinggi minat masyarakat terhadap online shop, membuat para pelaku bisnis mulai beralih menjalankan e-commerce. Bisnis e-commerce dinilai mendatangkan begitu banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis e-commerce. Apa saja keuntungan yang didapat dengan menjalankan bisnis e-commerce? Simak ulasan berikut ini :

1. Membangun eksistensi secara online

Masyarakat saat ini mulai terbiasa menggunakan internet untuk membeli sesuatu, maka keberadaan anda secara online akan sangat menguntungkan. Dunia belanja online memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi, untuk itu anda harus siap bersaing dengan begitu banyak penjual lainnya.

2. Menarik minat pelanggan baru

Sebagai pelaku usaha, anda tentunya berharap agar bisnis anda berkembang dan mampu menarik minat konsumen baru. E-commerce dapat ditemukan melalui mesin pencarian online. Jika seseorang melakukan pencarian untuk suatu produk yang kebetulan anda jual, dapat saja mereka singgah disitus e-commerce anda meskipun sebelumnya mereka belum tahu.

3. Menghemat biaya operasional

Salah satu halangan dalam memulai sebuah usaha adala Modal. Bagaimana cara dengan modal yang pas-pasan mendirikan sebuah bisnis? Apakah mungkin? Menjalankan e-commerce secara otomatis mampu menghemat uang anda, bagaimana? Dengan bisnis berbasis website pengeluaran yang anda perlukan tidak akan sebesar mendirikan sebuah store secara fisik. Dengan biaya yang minim pun seseorang akan mampu berbisnis. Jika anda pemula, kembangkan dahulu bisnis anda secara online adalah pilihat terbaik untuk saat ini.

4.Mudah Memahami Konsumen

Dengan sistem e-commerce anda memiliki kemampuan untuk melacak perilaku belanja konsumen anda. Anda akan menemukan data mengenai barang mana yang diminati dan kurang diminati oleh para konsumen. Bisnis akan mampu berkembang dengan baik jika anda mengetahui apa yang diminati oleh konsumen.

5. Bekali konsumen dengan informasi

Dengan memiliki situs e-commerce, anda memiliki kesempatan untuk mengupdate informasi sebanyak yang anda mau, hal ini akan sangat dihargai oleh konsumen anda. Mulai dari deskripsi produk, ulasan produk, ulasan pembeli, hingga biaya pengiriman. Anda dapat memikat pembeli dengan informasi yang butuhkan, hal ini akan membantu mereka dalam menentukan pilihan.

6. Sistem dropship

Keuntungan lainnya yang didapat dengan menjalankan bisnis e-commerce adalah anda tidak perlu memiliki gudang untuk menyimpan semua produk anda. Anda dapat menjual dengan sistem dropship, dimana barang pesan dikirim ke konsumen langsung oleh supplier anda. Namun perlu diingat tidak semua supplier menerima jasa dropship.

7. Tidak Terbatas Lokasi dan Waktu

Keberadaan toko secara online memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk dikenal secara luas, tanpa terbatas lokasi dan waktu. Jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang untuk menemukan konsumen.

Fenomena belanja online tidak hanya memberikan keuntungan kepada penjual, namun juga terhadap pembeli. Pembeli mulai dimanjakan dengan bertaburnya situs belanja online, hal ini membuat mereka tidak perlu repot mengunjungi toko satu persatu untuk menemukan barang yang dibutuhkan. Cukup dari gadget yang mereka miliki, mereka dengan mudah menemukan barang yang dibutuhkan. Hanya dalam hitungan menit konsumen dapat menemukan berbagai produk yang diperlukan. Terlebih lagi step by step belanja online tidak rumit, hanya dalam beberapa langkah barang yang diinginkan berhasil dipesan.

turboly.com