Menjalankan Bisnis Selama Liburan

image

Setelah setahun bekerja keras, inilah saat yang tepat untuk sejenak mengistirahatkan tubuh dan pikiran anda. namun yang menjadi kekhawatiran banyak pengusaha adalah “bagaimana bisnis saya jika saya tidak berada ditempat?” rasa khawatir seperti inilah yang terkadang menjadi penghalang untuk menikmati liburan. Akhirnya karena rasa takut untuk meninggalkan bisnis, membuat anda terjebak terus-menerus dengan bisnis anda.

Lalu bagaimana cara agar bisnis tetap berjalan selama liburan? bacalah beberapa tips dibawah ini :

1. RENCANAKAN SEJAK AWAL

Jika anda berencana ingin liburan akhir tahun, rencakan liburan tersebut jauh-jauh hari. Beritahu rekan anda bahwa anda akan pergi sementara waktu, dan jika ada pekerjaan yang harus anda selesaikan, maka selesaikanlah semuanya sebelum anda berangkat. Selanjutnya anda dapat pergi dengan nyaman tanpa meninggalkan pekerjaan yang belum selesai.

2. CARILAH PENGGANTI SEMENTARA

Jika bisnis anda tetap berjalan selama anda pergi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menempatkan seseorang sebagai pengganti anda selama anda tidak ada. Pengganti anda haruslah seseorang yang benar-benar mampu menggantikan peran anda dalam bisnis anda. beri segala arahan dan jawab semua pertanyaan yang dia ajukan. Beri dia kebebasan untuk membuat keputusan selama anda tidak ada.

3. SHARE RENCANA KERJA BISNIS

Agar bisnis tetap berjalan selama liburan, hal lain yang perlu untuk anda lakukan adalah dengan memberitahukan segala hal yang berhubungan dengan rencana kerja bisnis anda kepada karyawan anda. Pastinya anda tidak ingin semuanya kacau balau selama anda tidak ada bukan? Jadi beritahukan kepada karyawan anda apa yang harus mereka lakukan. Bekali mereka dengan segala informasi yang mereka butuhkan, untuk mensukseskan marketing anda.

4. BERESKAN SEMUA HAL YANG BELUM SELESAI

Adakah tagihan penting yang belum anda bayar? Atau Adakah rapat yang harus anda hadiri? Pastikan semuanya terselesaikan sebelum anda pergi, jika anda tidak ingin membuat siapapun kecewa dengan anda. Jika anda melupakan hal yang penting hal itu tentu akan menganggu masa-masa liburan anda. Lebih baik jika anda membuat daftar mengenai hal-hal yang harus anda bereskan sebelum anda pergi, hal itu akan sangat membantu.

5. JAUHKAN DIRI ANDA DARI TELEPON, KECUALI JIKA MENDESAK

Tegaskan kepada karyawan anda bahwa anda butuh waktu untuk liburan, maka jangan menghubungi anda untuk membicaran soal pekerjaan selama anda liburan. Jauhkan diri anda dari telepon yang berhubungan dengan pekerjaan, kecuali jika hal tesebut benar-benar mendesak. Toh anda sudah memiliki seseorang untuk menggantikan peran anda bukan?

6.NIKMATI MASA-MASA LIBURAN

“Menikmat liburan” adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan, bagaimana cara menikmati liburan jika anda merasa khawatir bagaimana bisnis tetap berjalan selama liburan? Namun sebenarnya jika anda sudah memberitahukan kepada klien anda bahwa anda akan keluar sementara waktu, dan anda sudah menyelesaikan semua pekerjaan anda maka yakinlah bisnis anda akan tetap berjalan dengan baik selama kepergian anda. Anda bukannya akan pergi selama berbulan-bulan bukan? Terlebih lagi jika anda memiliki tim mampu bekerja dengan baik.

Apapun yang anda lakukan, ini adalah waktu yang tepat untuk menikmati liburan. Sediakanlah waktu untuk keluarga anda, atau bersenang-senanglah bersama dengan teman-teman anda. lepaskan diri anda dari penatnya pekerjaan anda, padatnya jadwal anda dan segala yang membuat anda stress dengan pekerjaan. Lupakan sejenak pekerjaan anda dan nikmatilah liburan anda saat ini.

turboly.com