Tips Efisien Mengelola Gudang Persediaan

image

Bisnis retail sangat bergantung pada ketersediaan barang, ketersediaan barang merupakan kunci penting dalam kelangsungan hidup bisnis. Selain fokus dalam pengelolaan toko anda juga tidak boleh lupa untuk mengelola gudang. Gudang persediaan harus dikelola dengan baik mulai dari tata letak produk, kebersihan gudang hingga sistem keamanan di gudang.

Aktivitas di dalam gudang tidak kalah sibuk dengan aktivitas di dalam toko. Banyak hal yang harus dilakukan dengan cermat dan tepat.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu dalam mengelola gudang persediaan :

1. JAGA KEBERSIHAN GUDANG

Penting untuk menjaga kebersihan gudang, agar tidak menganggu aktivitas didalam gudang. Jangan biarkan ada kardus-kardus yang berserakan, kabel-kabel berseliweran di lantai karena akan berbahaya jika ada tersangkut.

Suasana bekerja akan lebih terasa nyaman jika seluruh area kerja terlihat bersih tidak berantakan, pegawai pun akan lebih bersemangat.

2. SEMUA AREA TERKENDALI

Pastikan setiap sudut dari gudang aman terkendali, contohnya tidak ada area yang tidak ada penerangan. Setiap sudut harus dipasangi dengan lampu yang memadai, jika ada yang rusak harus segera diganti. Lakukan penyisiran area gudang secara rutin untuk memastikan seluruhnya terkendali dengan baik dan benar

3. TATA LETAK PRODUK

Untuk memberi kemudahan dalam menemukan produk, setiap produk harus diletakkan sesuai dengan kategori masing-masing. Dengan begitu akan lebih mudah dalam proses pencariannya

4. BEKALI PENGETAHUAN SAFETY KEPADA PEGAWAI

Sering kali terjadi kecelakaan di tempat kerja, hal tersebut karena mengabaikan keamanan standarnya. Aktivitas di gudang juga beresiko, sehingga penting untuk memperhatikan keamanan selama bekerja. Setidaknya setiap pegawai harus dibekali dengan pengetahuan mengenai tentang keamanan standar yang diaplikasikan di gudang. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan selama kerja. Jangan ragu untuk menegur pegawai yang tidak mengikuti aturan keamanan di lokasi kerja Lengkapi juga gudang dengan perlengkapan untuk membantu pegawai dalam memindahkan barang.

5. MEMPERKERJAKAN PEGAWAI TERLATIH

Aktivitas digudang pasti melibatkan berbagai perlengkapan mekanik, untuk mengoperasikan perlengkapan tersebut dibutuhkan keahlian. Jangan biarkan peralatan dikendalikan oleh pegawai yang tidak terlatih. Alat-alat tersebut harus dioperasikan oleh pegawai yang sudah terlatih, sudah mengetahui seluk-beluk dari alat-alat tersebut. Untuk aktivitas gudang lainnya juga harus dikerjakan oleh pegawai yang berpengalaman di bidangnya, bukan pegawai amatir.

6. LENGKAPI DENGAN SECURITY SYSTEM

Lengkapi gudang dengan sistem keamanan yang memadai, sediakan ruang control khusus yang dapat memantau seluruh area di gudang. Setiap sudut dipasangi dengan kamera cctv. Dan juga anda harus tanggap terhadap kebakaran. Jangan lupa untuk memasang alarm kebakaran di gudang.

7. PEMERIKSAAN SISTEM KEAMANAN RUTIN

Keamanan didalam gudang sangatlah penting. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan terhadap sistem keamanan di gudang secara rutin, cek semua peralatan yang digunakan, dan jika ada alat yang sudah tidak layak pakai untuk segera diganti agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Tetap pastikan semua sistem keamanan sudah memenuhi standar.

8. MEMBANGUN INVENTORY MANAGEMENT

Idealnya segala aktivitas digudang baik barang yang masuk atau keluar harus tercatat dengan baik. Dengan membangun sebuah inventory management anda dapat dengan mudah mengontrol segala aktivitas tersebut. Akan lebih baik jika inventory management berbasis program computer, prosesnya akan lebih cepat dan hasilnya lebih akurat. Latih pegawai anda agar mampu mengoperasikan inventory management tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat membantu dalam mengelola gudang persediaan, semoga dapat menjadi inspirasi bagi pembaca.

turboly.com