INVENTORY MANAGEMENT SEDERHANA

image

Dalam bisnis retail inventory management adalah hal penting harus di tangani secara serius. Inventory management yang baik akan memberi pengaruh yang baik pula untuk keberhasilan bisnis kedepannya.

#####Langkah Awal Membuat Inventory Management#####

Sebelum mulai untuk membuat sebuah inventory management sederhana, yang pertama sekali harus ditentukan adalah spesifikasi dari inventory tersebut. Dengan adanya spesifikasi akan memudahkan untuk membuat daftar dari produk anda.

Adapun beberapa spesifikasi penting yang harus ada dalam membuat sebuah inventory management adalah sebagai berikut :

1. Nama Produk

Setiap produk pastinya memiliki nama masing-masing bukan? Maka dalam inventory untuk mengetahui itu produk apa hendaknya diberi keterangan dengan mencantumkan nama dari produk tersebut.

2. SKU Number

Untuk membedakan 1 produk dengan produk lainnya. Untuk itu setiap produk harus memiliki kode unik. Kode unik inilah dikenal dengan istilah SKU.

3. Description

Berilah deskripsi singkat mengenai produk tersebut.

4. Color

Satu produk yang sama berkemungkinan terdiri dari beberapa variasi warna, maka warna juga dijadikan sebagai patokan

5. Size

Jika produk yang anda jual memiliki variasi ukuran yang berbeda, jangan lupa cantumkan ukuran untuk setiap produk tersebut.

6. Price

Nah selanjutnya yang tidak boleh terlupakan yaitu harga dari produk tersebut.

7. Item Stock

berilah keterangan jumlah stock yang tersedia untuk setiap produk. Dengan mengetahui sisa stock dari setiap produk akan memberi gambaran kapan anda harus melakukan restock untuk produk tersebut.

Sebenarnya terdapat beberapa spesfikasi lain lagi yang bisa diinputkan, namun semakin banyak spesifikasi maka akan semakin banyak column yang anda butuhkan. Dan akan semakin sulit untuk anda handle.

#####Tips inventory management sederhana yang juga akurat :#####

Hindari Kesalahan

Banyak orang menghindari menggunakan l inventory management karena alasan sederhana yaitu human error (salah catat, lupa, dsb), untuk dapat menemukan human error adalah pekerjaan yang sulit. Kecuali jika anda tahu benar apa yang anda cari. Cara untuk mencegah hal ini adalah dengan rajin melakukan cross check ulang secara reguler untuk mencegah terjadinya kesalahan.

Rajin Update

Pastikan pegawai yang diberikan tanggung jawab inventory management melakukan update untuk setiap transaksi. Karena sederhana dan manual anda tidak bisa mendapatkan data actual disetiap waktu. Jadi pastikan untuk melakukan update sesering mungkin.

Bekerja secara online

Inventory management secara manual atau yang menggunakan aplikasi sederhana (Ms. Excel) memiliki keterbatasan akses, tidak semua orang dapat mengaksesnya karena dalam keadaan offline. Maka gunakan sistem inventory management yang online. Sistem inventory management berkonsep sewa bulanan bisa menjadi pilihan. Selain biaya investasi yang murah, fitur dan modul yang disediakan cukup lengkap untuk menunjang penerapan inventory management yang handal.

Itulah tips membuat inventory management yang sederhana. Semoga bisa membantu.

turboly.com