Tips Menghindari Pencurian Di Toko

image

Mengalami kehilangan barang di toko sangat mungkin untuk terjadi, pencurian di toko dapat dilakukan oleh siapa saja. Bukan untuk menaruh curiga tapi kehilangan barang di toko tidak cuma dilakukan oleh pengunjung namun dapat saja hal tersebut dilakukan oleh pegawai anda sendiri. Patut bagi anda untuk lebih waspada pada kejadian seperti ini.

Untuk menghindari pencurian di toko, ikutilah beberapa langkah mudah di bawah ini :

1. SUSUN PRODUK DENGAN TERATUR

Bagaimana cara termudah untuk mengetahui ada barang yang hilang dari toko anda? jika produk di toko anda berantakan tidak tersusun dengan rapi maka tidak mungkin anda mengetahui ada barang yang hilang. Namun berbeda halnnya jika barang disusun dengan rapi akan lebih mudah mengetahui ada barang hilang, seperti memperhatikan lokasi barang tersebut. Jika sudah tidak ada di posisinya (bukan dibeli) maka mungkin saja barang tersebut sudah berpindah tempat bukan? Untuk itu pantau selau semua barang di toko anda.

2. KENALI METODE PENCURIAN

Biasanya penguntil tidak bekerja sendirian, mereka akan membentuk grup untuk melancarkan aksinya. Setidaknya akan ada satu orang yang akan mengalihkan perhatian staff saat mereka akan beraksi untuk mengambil sesuatu. Para penguntil biasanya akan bersembunyi di tempat yang tidak terlalu terlihat, dan barang-barang yang sering kali jadi sasaran penguntil adalah barang yang bisa diambil dengan cepat, contohnya :

  • Baju
  • Tas tangan
  • Aneka merchandise
  • Aksesoris

Anda harus lebih waspada kepada konsumen yang saat berbelanja terlihat gugup, lirik sana-sini, mengambil sembarang barang begitu saja. Saat melihat aksi penguntil anda harus bersikap tenang, jangan membuat mereka kabur.

3. LATIH STAFF UNTUK MENGHADAPI PENCURI/PENGUNTIL

Anda dapat menggunakan staff anda sebagai alat untuk melawan penguntil, berikut beberapa teknik pelayanan untuk meminimalisir terjadinya pencurian :

  • Sapa setiap pengunjung yang masuk, agar mereka tahu bahwa anda sadar dengan keberadaan mereka.
  • Latih kasir untuk mengenali label harga, agar dapat diketahui jika label harga ditukar.
  • Memiliki kode yang digunakan sesama staff jika melihat aktivitas yang mencurigakan.

4. MAKSIMALKAN PERATURAN TOKO

Maksimalkan peraturan didalam toko anda untuk menghindari terjadinya kehilangan barang, adapun beberapa hal yang dapat anda lakukan seperti :

  • Batasi jumlah barang yang dibawa masuk ke dalam kamar pas, jika perlu beri tanda untuk berapa banyak barang dicoba oleh setiap konsumen.
  • Jangan menempatkan barang dengan harga tinggi di tempat terbuka, tapi tempatkan dalam lemari terkunci, berlaku juga untuk barang-barang ukuran kecil.
  • Pasang cermin yang dapan menunjukkan aktifitas konsumen.
  • Atau dapat juga dengan memasang security sistem seperti alarm, atau kamera cctv.
  • Sediakan pintu keluar khusus, yang mengharusnya setiap konsumen melewatinya jika ingin keluar.

5. PASANG PAPAN LARANGAN

Lengkapi store anda dengan papan larangan untuk melakukan pencurian, akan lebih baik jika papan larangan ditempat di lokasi yang mudah terlihat. Gunakan kata-kata yang baik pada papan larangan. Karena itu akan mencerminkan citra dari toko anda. Dengan adanya papan larangan tersebut akan menyadarkan para penguntil bahwa anda tidak menerima keberadaan pencuri di toko anda.

Itulah lima tips yang dapat anda lakukan untuk menghindari pencurian di toko, jadi mulailah untuk mengaplikasikan salah satunya di toko anda. Jangan bersikap lunak terhadap pencuri, jika tertangkap serahkan kepada pihak kepolisian untuk ditangai secara hukum.

turboly.com