5 HAL YANG HARUS DIPERTIMBANGAKAN SEBELUM ME-WARALABAKAN BISNIS ANDA

image

Katakanlah bisnis yang sedang anda jalankan sudah mulai dikenal dan populer di beberapa kalangan, kemungkinan selanjutnya ialah bisnis anda akan lebih dikenal oleh beberapa kalangan lainnya. Terlebih bisnis anda memiliki identitas tersendiri dengan konsep bisnis portable. Setelah begitu terkenal maka sudah patut bagi anda untuk memikirkan langkah selanjutnya. Langkah pintar selanjutnya ialah dengan mewaralabakan bisnis anda atau dikenal dengan istilah franchising. Waralaba merupakan sebuah cara unik untuk mengembangakan bisnis anda, dimana pihak lain akan menjalankan bisnis dengan menggunaan brand anda. Pihak tersebut akan memberikan sejumlah keuntungan untuk anda setiap tahun atau bulan. Meski terdengar menguntungkan, penting untuk anda ketahui proses mewaralabakan bisnis bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan pengalaman bertahun-tahun untuk mempu mewaralabakan sebuah bisnis.

Jika anda ingin mulai mewaralabakan bisnis anda, berikut beberapa hal penting yang harus anda pertimbangkan :

1. Seberapa Besar Potensial Berkembang?

Untuk dapat sukses, bisnis yang anda jalankan harus mempunya kemampuan bersaing dengan kompetitor lainnya. Sama halnya jika anda merencanakan untuk mewaralabakan bisnis anda ke berbagai daerah, maka bisnis anda membutuhkan produk dan layanan yang dapat menjadi daya tarik didaerah tersebut, mengingat budayanya yang berbeda-beda.

2. Situasi Keuangan

Seorang Franchisor atau pendiri waralaba tentunya membutuhkan sejumlah modal untuk mendirikan outlet lainnya dan juga sejumlah uang untuk membayar pengacara untuk layanan mereka. Karena tanpa penasehat resmi, proses dari mempersiapkan berkas pekerjaan akan terasa cukup sulit

3. Perhatikan setiap detail

Anda harus membangun sebuah struktur untuk memastikan setiap outlet waralaba menjunjung tinggi integritas bisnis anda. Jika pelanggan mengunjungi outlet anda yang berada dilokasi yang berbeda maka mereka akan mendapatkan produk yang sama. Lalu pastikan bisnis yang anda jalankan tidak seperti bisnis pada umumnya, anda harus mampu menarik perhatian konsumen dari sisi yang cukup unit. Untuk mampu berpacu dalam persaingan, temukan hal yang tidak dijual oleh bisnis lainnya. Dengan begitu akan membuka peluang lebih besar pelanggan berbelanja di outlet anda.

4. Pilih Lokasi Dengan Bijak

Setiap lokasi memiliki peraturan yang berbeda, jadi anda harus mereview sejumlah peraturan seperti pajak dan lainnya setiap akan membangun outlet waralaba yang baru. Pahami segala peraturan yang berlaku pada lokasi tersebut. Umumnya melebarkan sayap di satu wilayah adalah strategy terbaik. Karena kebanyakan pelaku usaha bisnis baru meluncurkan waralaba untuk komunitas lain setelah bisnis awalnya atau toko pertamanya sudah benar-benar menguntungkan.

5. Pertimbangan Lainnya

Hal lain yang harus anda pertimbangakan ialah perhitungan biaya pengeluaran, jika anda tidak mampu menghitung segala macam pengeluaran, maka bisnis anda akan berujung pada permasalahan finansial yang serius. Tentunya anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Maka sebaiknya anda akan memperkerjakan seorang penasehat khusus keuangan untuk bisnis anda, agar dapat membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan keuangan. Anda harus mengerti peran anda sebagai pendiri waralaba, kemampuan memimpin harus anda miliki dengan baik karena pendiri waralaba harus mampu untuk merekrut pewaralaba lainnya sepanjang tahun.
Untuk membanguan kesuksesan bisnis waralaba kunci utamanya terletak di lokasi outlet waralaba, lokasi outlet sangat menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Dan juga anda harus menjadwalkan sejumlah pelatihan, selama pelatihan akan didiskusikan hal yang penting untuk perkembangan bisnis.

Itulah beberapa hal yang harus anda pertimbangakan sebelum melebarkan bisnis ada ke sistem waralaba.

turboly.com