BAGAIMANA MENERAPKAN DISKON TANPA MENGURANGI PROFIT?

image

Kelangsungan hidup sebuah bisnis retail bergantung penuh ditangan pelanggan, tidak ada pelanggan maka tidak ada yang mengantar uang untuk bisnis anda.

Hari ini untuk mampu menarik perhatian pelanggan bukan hal yang mudah, bahkan terbilang sulit. Dibutuhkan beberapa taktik untuk mampu mendapatkan pelanggan, salah satu taktiknya yaitu Diskon.

Siapa yang tidak bersemangat jika melihat tulisan “Diskon 50%”, tidak ada bukan? dengan memberi diskon anda bisa membawa lebih banyak pelanggan membuka pintu toko anda.

Disamping merupakan trik yang baik untuk meningkatkan minat pelanggan, di sisi lain menerpkan diskon ternyata dapat menciptakan keadaan buruk terhadap profit bisnis anda hal ini disebabkan anda harus menjual produk anda dengan harga yang murah?

Menjual produk dibawah harga? Bagaimana cara menarik keuntungannya? Simaklah tips dibawah ini tentang bagaimana menerapkan diskon tanpa menurunkan profit :

1. Buat Batasan Penjualan

Langkah pertama saat menerapkan diskon produk ialah menentukan batasan penjualan. Anda akan menerapkan promosi seperti apa? Untuk apa anda menerapkan diskon tersebut?

  • Apakah untuk menarik perhatian pelanggan baru?
  • Apakah anda ingin pelanggan tetap berbelanja dengan anda?
  • Atau anda ingin menghabiskan produk tersebut?

Berdasarkan batasan penjualan tersebut, akan menentukan sebesar apa anda akan memberi diskon. Contoh jika anda ingin menarik perhatian pelanggan baru maka anda dapat memberi diskon sebesar 10 %, dengan harapan merekan dapat menjadi pelanggan tetap anda dan akan berbelanja lebih banyak lagi.

2. Berfikir Kreatif

Diskon tidak hanya harus terus-menerus mengurangi harga, ada beberapa cara promosi lainya yang juga dapat menarik perhatian pelanggan, seperti :

Sistem Point Belanja

Dengan memberikan point belanja anda akan mampu mendorong pelanggan untuk terus belanja dengan anda. anda dapat membuat kartu belanja yang akan menyimpan jumlah poin yang sudah mereka dapatkan, jika point yang terkumpul cukup banyak mereka bisa mendapatkan diskon atau hadiah tertentu.

Belanja sekian rupiah gratis produk

Trik promosi ini hampir mirip dengan sistem point belaja diatas, disini anda membuat promosi belanja sekian dan pelanggan anda berhak mendapatkan produk tertentu secara gratis. Ini salah satu tipe promosi yang sering diterapkan dalam usaha retail.

Tester

Cara lain yang mampu mendorong pelanggan membeli produk anda ialah dengan memberikan sebuah tester, jika anda menjual produk kecantikan anda dapat memberikan tester lisptik atau tester parfum. Biarkan pelanggan anda mengetahui produk anda sebelum mereka membelinya. “Try Before Buy” ini adalah sebuah taktik sempurna untuk menjual produk baru, taktik seperti ini tidak akan memberi dampak besar pada budget anda.

3. Diskon di Waktu yang Pas

Sebagaian kesalahan dalam diskon ialah waktu nya yang tidak tepat, sehingga sudah memberikan diskon namun tidak menghasilkan keuntungan. Pilihlah waktu yang tepat untuk memberikan diskon agar anda dapat melihat keuntungan yang didapatkan dari penerapan diskon tersebut. Diskon produk cocok diberikan pada momen-momen tertentu seperti saat mendekati tahun baru atau perayaan keagamaan. Jadilah lebih hati-hati dalam menerapkan waktu diskon, jangan terapkan diskon setiap minggu.

Sudah bersiap untuk menerapkan diskon tanpa menganggu profit? tentukan target penjualan anda, kenali siapa sasaran jual anda. Selanjutnya perhatikan timingnya , terapkan diskon di waktu yang tepat agar penjualan maksimal dan juga tidak mengurangi profit anda. Lakukan diskon sekreatif mungkin untuk lebih membuat pelanggan tertarik dengan produk anda.

turboly.com