MENERAPKAN TEKNOLOGI BARU KEPADA KARYAWAN

image

Di era dimana perkembangan teknologi terjadi setiap detiknya, anda sebagai pelaku usaha retail baik skala maupun besar sudah patut untuk sadar terhadap perkembangan teknologi ini, jika anda tidak mau tertinggal. Contohnya jika selama ini sistem invetory anda masih manual, maka sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk mengupgrade menggunakan sistem inventory yang berbasis komputer.

Berfikirlah secara positif, dengan mengupgrade sistem kerja sama artinya dengan mengupgrade bisnis anda ke tahap selangkah lebih maju.

Namun bagaimana staff anda menanggapi perubahan ini? Bisnis anda tentunya tidak anda jalankan sendiri, anda mempunyai sejumlah staff dalam membantu bisnis anda, sebelum anda memutuskan untuk mulai mengimplementasikan teknologi terbaru untuk bisnis anda mintalah pendapat dari staff anda, tanyakan pendapat mereka mengenai hal ini. Urakan secara jelas benefit yang mereka dapatkan jika mulai bekerja menggunakan teknologi terbaru.

Tidak berhenti sampai disini, kebingungan lainnya yaitu apakah staff anda mampu menggunakan tenologi tersebut? Sebelum meningkatkan bisnis anda, yang perlu anda lakukan ialah tingkatkan terlebih dahulu skill staff anda, dengan kata lain anda wajib untuk melatih staff anda dalam penggunaan teknologi baru ini.

Namun bagaimana caranya?

Berikut beberapa tips yang dapat membantu anda untuk melatih staff anda akan teknologi baru :

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Dibutuhkan persiapan maksimal untuk memberi pelatihan kepada staff anda, tentukan waktu yang tepat untuk melatih para staff. Dan jangan asumsikan semua staff akan gampang mengerti dengan teknologi baru, karena tingkat kemampuan staff anda pastinya berbeda-beda.

2. Temukan Metode Training yang Baik

Metode pembelajaran cukup beragam, pelajari bagaimana karakter staff anda lalu pilihlah metode yang tepat untuk mulai melatih staff anda. Misalnya untuk menghemat ruang dan waktu anda melakukan metode traning secara online, pembelajaran sistem online sangat cocok diaplikasikan di era saat ini.

3. Latihlah Ketua Tim Terlebih Dahulu

Langkah terbaiknya ialah dengan mulai melatih ketua tim terlebih dahulu, setelah sang ketua tim mampu mengusai teknologi baru, maka langkah selanjutnya sang ketua tim mentransfer ilmu yang ia dapatkan ke staff lainnya.

4. Bentuk Grup

Bentuklah grup berdasarkan level skill yang dimiliki oleh para staff, sehingga pembelajaran akan lebih tepat sasaran. Kemungkinan kemampuan staff anda berbeda-beda sehingga lebih baik jika dibentuk grup beradasarkan skill level yang mereka miliki masing-masing.

5. Pekerjakan Instruktur Berpengalaman

Untuk memperoleh hasil yang maksimal anda dapat menggunakan jasa instrukstur professional, dengan kemampuan yang dia miliki diharapkan mampu mengajarkan kepada para staff. Namun berhati-hati dalam memilih instruktur pilihlah seseorang yang memang menguasai teknologi tersebut, anda dapat meminta saran dari developer anda.

6. Jadilah Penyemangat

Tidak ada gunanya melatih staff jika mereka tidak memiliki minat akan teknologi baru tersebut, tingkatkat semangat staff anda untuk mempelajari teknologi tersebut, jadilah penyemangat bagi mereka. Jangan memberikan tekanan lain untuk mereka, karena mempelajari hal yang baru bukan hal yang mudah.

7. Uji Coba Teknologi Baru

Setelah melalui proses pelatihan yang panjang, lakukan uji coba terhadap teknoogi baru tersebut sebelum melakukannya secara real dalam bisnis anda. Hal ini untuk mengukur sudah sejauh mana kemampuan staff anda, apakah mereka sudah benar-benar menguasai atau masih memerlukan latihan tambahan

Itulah beberapa tips melatih staff anda dengan teknologi baru, dengan mengimplementasikan teknologi baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja staff anda.

turboly.com