KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN MOBILE POINT OF SALE

image

Perkembangan teknologi kian hari kian tak dapat dibendung, dengan perkembangan yang sangat cepat ini mau tidak mau menuntut kita untuk terus mengikuti perkembangan dari teknologi hari ini. Perkembangan teknologi, terutama teknologi informasi diharapkan mampu memberikan kemudahan untuk sejumlah pekerjaan. Dalam bisnis retail pemanfaatan teknologi memberikan banyak sekali keuntungan.

Salah satu pemanfaatan teknologi dalam usaha retail saat ini ialah pada proses pembayaran. Sebelumnya sistem kasir menggunakan sistem manual yang belakangan ini sudah nilai kurang efektif dalam menangani traksaksi pelanggan. Sehingga beberapa bisnis retail saat ini mulai beralih menggunakan sistem point of sale. Saat ini sistem point of sale mulai diterapkan dengan memanfaatkan mobile device atau akrabya disebut dengan istilah mPOS (Mobile Point of Sale). Simaklah beberapa keuntungan mPOS berikut ini :

1. Mudah Dioperasikan

Pembayaran melalui mPOS sangat mudah seperti menjalankan sebuah aplikasi handphone pada umumnya. Dengan kemudahan pengoperasian ini anda tidak perlu memberikan training khusus pada staff yang bertanggung jawab atas pengelolaan mPOS.

2. Akses tanpa batas

Dengan bermodalkan internet sistem point of sale dapat di akses dengan begitu mudah, mPOS dapat diakses dimana saja dan kapan saja, serta memberikan solusi kepada penjual dapat menerima pembayaran dari credit card dengan mudah. Sistem pembayaran bebasis mPOS disebut sistem pembayaran bergerak dimana jika mesin kasir harus memiliki tempat khusus sedangkan mPOS tidak.

3. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Aspek mobile pada perangkat mPOS membantu retailer mampu meningkat pelayanannya terhadap pelanggan. Pelaku usaha dapat menempatakan seorang perwakilan untuk membantu pembayaran pelanggan tanpa harus melewati antrian seperti saat membayar melalui mesin kasir.

4.Meminimalisir Waktu

Pembayaran melalui mPOS dapat lebih cepat daripada menggunakan sistem mesin kasir, dan hal inilah yang benar-benar dibutuhkan pelanggan, tak jarang pelanggan hanya berbelanja 1 item namun antriannya sangat panjang, sehingga banyak pelanggan yang mengurungkan niatnya untuk berbelanja karena antrian di kasir. Semakin cepat waktu pembayaran yang pelanggan terima maka akan menambah kesenangan berbelanja sang pelanggan serta pelanggan akan merasa mudah karena tidak menghabiskan banyak waktu.

5. Murah

Untuk meraih keuntungan sebanyak-banyak retailer sangat mempertimbangan segala jenis biaya pengeluaran, bila menggunakan mPOS segala bentuk kekhawatiran anda terhadap biaya dapat berkurang karena mPOS adalah sebuah sistem pembayaran yang modern, namun tidak mahal alias murah. Tidak membutuhkan biaya yang besar untuk mampu menerapkan sistem pembayaran ini yang anda butuhkan seperti perangkat mobile yang terhubung ke jaringan internet.

6. Multiple Device

Keuntungan lain dari menggunakan mPOS ialah sistem ini dapat dijalankan pada beberapa perangkat, tergantung anda ingin menggunakan perangkat seperti apa, seperti menjalankan di tablet atau di smartphone atau dijalankan disebuah sistem komputer yang sudah terintegrasi pun bisa.

Tak salah jika mPOS menjadi pilihan para pembisnis karena keuntungan yang diberikannya tidak main-main benar-benar memberikan kemudahan. Kemudahan tidak hanya dirasakan oleh pelanggan namun juga oleh penjual.

Dengan menggunakan mPOS tidak akan ditemui lagi antrian panjang di mesin kasir, karena pembayaran dapat dilakukan dimana saja tidak harus melalui antrian panjang mesin kasir, serta pembayaran dapat menerima berbagai jenis credit card.

Tak perlu berfikir terlalu lama lagi segeran upgrade bisnis anda ke sistem pembayaran digital saat ini, simpan mesin kasir anda sebagai barang antik. Diharapkan pula mPOS dapat meningkatkan minat belanja pelanggan.

turboly.com