MENGUBAH PENGUNJUNG MENJADI PELANGGAN

image

Membangun sebuah bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak sekali kesulitan yang harus dihadapi para wirausahawan baru, kesulitan yang sering dihadapi ialah menarik perhatian pelanggan. Pelanggan cenderung kurang mempercayai bisnis baru, pelanggan menganggap pelaku bisnis baru belumlah berpengalaman.

Sebuah bisnis baru seringkali hanya dijadikan obyek “cuci mata” bagi sebagian besar orang, mereka hanya masuk toko untuk sekedar melihat-lihat produk lalu keluar tanpa membeli apa-apa belum lagi ada pengunjung yang membandingkan bisnis baru anda dengan lainnya, menyedihkan bukan?

Namun jangan berputus asa, semua uang, tenaga dan waktu yang sudah anda investasikan untuk bisnis baru anda tidak boleh berakhir sia-sia. Teruslah mencari cara untuk menarik perhatian pengunjung, berikut beberapa kiat yang dapat anda coba :

1. Buat toko anda seolah sibuk

Jangan biarkan toko anda terlihat sepi dari pengunjung, bahkan jika benar toko anda sepi maka jangan sesekali tunjukkan ke pengunjung anda, anda dapat meminta staff anda untuk memarkir kendaraan didepan toko untuk menunjukkan adanya aktivitas didalam toko anda. karena orang-orang lebih tertarik pada toko yang ramai akan pengunjung. Namun jangan bersikap pura-pura sibuk hingga mengabaikan pengunjung anda.

2. Ketahui mengapa pengunjung tidak membeli

Saat pengunjung masuk ke toko anda lalu pergi tanpa membeli apapun jangan bersedih, tapi carilah penyebab mengapa mereka tidak jadi menghabiskan uangnya. Kemungkinan mengapa pengunjung tidak menjadi pembeli bisa saja beragam, seperti tidak adanya produk yang mereka cari, harga terlalu mahal menurut mereka atau tidak mendapat bantuan sales. Perhatikan langkah mereka didalam toko untuk mengambil langkah tertentu untuk membuat mereka membeli produk anda.

3. Jangan segan untuk menyapa pengunjung

Ingatlah bahwa setiap pengunjung yang datang membutuhkan sapaan ramah dari anda, jangan segan untuk menyapa mereka. Namun sebaiknya jangan menggunakan sapaan standar “Apa yang bisa kami bantu?” karena pengunjung sering hanya menjawab “Tidak, hanya mau lihat-lihat dulu”. Tapi gantilah pertanyaan anda seperti “Sudah pernah datang kesini sebelumnya?” jika pengunjung menjawab belum maka dapat anda lanjutkan dengan “Mari kami tunjukkan koleksi kami”. Dan untuk mereka yang sudah pernah datang sebelumnya ucapkan “Selamat datang kembali” dan tunjukkan koleksi terbaru anda untuk menarik perhatian mereka.

4. Ceritakan kepada pengunjung mengenai produk anda

Jika produk yang anda tawarkan adalah sesuatu yang baru, maka wajib bagi anda untuk menceritakan kepada pengunjung tentang produk anda karena mereka tentu belum familiar dengan produk yang anda jual, tekankan nilai-nilai plus tentang produk anda. Lakukan promosi secara langsung ke pengunjung anda, buat mereka merasa tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Lakukan promosi secara sehat dengan tidak menjatuhkan brand lainnya, karena hal tersebut dapat seketika mengubah perspektif pengunjung terhadap anda.

5. Tampil Menarik

Tunjukan kepada pengunjung tampilan yang menarik, bagi tampilan toko maupun produk anda. Buat toko anda tampil lebih menarik dari toko sebelah untuk menarik perhatian pengunjung, katakan juga kepada staff anda untuk menjaga penampilan mereka agar tetap terlihat baik didepan pengunjung.

6. Bersikap Ramah

Bisnis anda masihlah baru, maka setiap mereka yang masuk ke toko harus anda perhatikan dengan baik, jangan tebang pilih kepada pengunjung. Tetap bersikap ramah kepada semua pengunjung, tak masalah meski mereka yang tidak jadi membeli. Ucapkan “Terima kasih, dan jangan lupa datang lagi”, buat mereka mengingat anda dan toko anda.

turboly.com