PHYSICAL RETAIL STORE VS ONLINE STORE

image

Hari ini tidak ada yang lebih mudah selain belanja online, dengan bermodalkan handphone atau komputer dan hanya dalam beberapa klik anda sudah menyelesaikan proses belanja anda, selanjutnya hanya tinggal menunggu kurir datang mengantar barang tersebut ke alamat anda. Tetapi dibalik kesenangan berbelanja online, lebih dari 85% pelanggan lebih mengutamakan berbelanja di toko ketimbang berbelanja secara online. Dalam sebuah survey melaporkan hanya 27% pelanggan yang berbelanja online dalam seminggu, sedangkan hampir 40% pelanggan lebih memilih belanja di toko.

Pelanggan memilih berbelanja di toko untuk menghindari biaya pengiriman barang, sebagian lainnya memilih berbelanja di toko ritel karena mereka membutuhkan produk tersebut segera dan ingin melihat produk tersebut secara langsung sebelum memutuskan untuk membelinya, disini pelanggan dapat memilih, membeli lalu mendapatkan barang pada waktu yang sama. Sedangkan pelanggan lainnya yang tidak ingin repot-repot mengunjungi toko mereka cenderung memilih berbelanja secara online karena prosesnya sudah sangat mudah, yang mereka perlukan hanyalah sebuah mobile device yang terhubung ke internet untuk berselancar didunia maya dan menemukan barang yang mereka butuhkan.

Jadi, manakah yang lebih baik? simak ulasannya dibawah ini :

1. Retail Store Vs Online Store : Biaya

Umumnya membukan sebuah bisnis online jauh lebih murah daripada konvensional store. Tidak seperti konvensional store, tidak adanya biaya sewa toko atau tagihan lainnya yang berhungan langsung dengan toko, kecuali biaya web hosting dan technical support. Dengan mendirikan toko online anda tidak perlu mendekorasi toko anda, mengeluarkan biaya ini itu untuk mempercantik toko. Selama anda bisa menghandle semua pekerjaan sendiri, maka anda tidak perlu memperkerjakan pegawai. Di online store segala biaya hanya berhubungan dengan website anda, pengiriman, dan menerima pembayaran online, mungkin biaya lainnya untuk developer website yang terkadang bisa mahal juga, namun tetap saja tidak lebih mahal dengan membuka sebuah toko secara fisik.

2. Retail Store Vs Online Store : Inventory

Secara signifikan pelanggan cenderung memilih membayar untuk produk yang dapat mereka lihat secara langsung. Untuk item bernilai tinggi seperti baju rancangan desainer, perhiasan, barang antik, furniture dan mobil pelanggan akan berfikir lebih baik membelinya dengan langsung mendatangi showroomnya. Untuk produk yang akan anda jual kembali, anda harus mempertimbangan jumlah produk yang ingin anda jual. Konvensional store dapat menjadi partner bisnis anda, jika anda membeli dalam jumlah yang banyak. Sedangkan bisnis online baik untuk bisnis jangkauan luas.

3. Retail Store Vs Online Store : Pesaing

Setiap orang yang menjalankan bisnis apapun harus bersiap untuk bersaing dengan siapa saja. Pesaing bisnis online cenderung tidak terbatas, berbeda dengan pesaing dari konvensional store yang lebih terbatas. Untuk konvensional store anda dapat dengan mudah melakukan survey berdasarkan lokasi dimana anda akan menjalankan bisnis tersebut, anda dapat mengetahui apa saja yang dijual oleh toko lain dengan mudah. Disisi lain anda juga dapat memilih lokasi toko anda dimana produk yang anda tawarkan tidak tersedia di lokasi tersebut. Sedangkan bisnis online, biasanya terdapat banyak toko online lain yang menjual produk yang sama, sehingga sulit bagi pendatang baru. Jika hendak menjalankan bisnis secara online sebaiknya anda menjual sesuatu yang benar-benar unik dan sulit ditemukan.

4. Retail Store Vs Online Store : Pemasaran

Membangun basis pelanggan salah satu komponen penting untuk menciptakan sukses bagi bisnis retail, baik online mapun offline. Pelanggan bagi konvensional store hanya terbatas pada lokasi sekitar, sedangkan online store sangat luas.

Sistem pemasaran toko konvensional cenderung membutuhkan dana yang besar, sedangkan untuk online store hal itu tidak berlaku, sangat mudah bagi sebuah toko online untuk mengganti logo tokonya, atau jika mereka ingin mengganti produk yang mereka jual bisa dengan mudah. Hal itu tidak dapat membutuhkan waktu yang lama untuk konvensional store.

turboly.com