6 Teknologi Berikut Ini Bisa Membantu Anda Meningkatkan Penjualan

image

Dalam bisnis retail, usaha meningkatkan penjualan tidak pernah dan tidak boleh berhenti dilakukan. Dengan tingginya tingkat penjualan yang dapat dicapai maka akan berbanding lurus dengan keuntungan yang akan di dapat.

Peningkatan penjualan membutuhkan strategy marketing yang baik sekaligus pendekatan kepada costumer. Pendekatan kepada costumer merupakan aspek yang penting untuk bisnis anda.

Perilaku costumer saat ini sudah banyak berubah, sebagian besar costumer mulai menggunakan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan mereka, termasuk kebutuhan berbelanja.

Maka salah satu jalan untuk meningkatkan penjualan ialah dengan ikut memanfaatkan teknology dalam bisnis anda.

Berikut beberapa teknologi yang mampu meningkatkan penjualan anda :

1. Social Media

Sebagai bisnis owner penting bagi anda dalam membagun hubungan dengan costumer, dari costumer lah penjualan anda dapat ditingkatkan. Bagaimana cara untuk tetap terhubung? Salah satuny ialah dengan memanfaatkan social media. social media merupakan salah satu alat untuk menghubungkan orang-orang di belahan dunia berbeda, social media membuat hubungan anda dengan costumer anda tak terbatas oleh jarak dan waktu. Social media juga dapat menjadi tempat untuk anda memperkenalkan brand anda ke masyarakat luas, bisa saja ada yang tak iseng-iseng melihat lalu menjadi costumer anda, dan hal tersebut akan memberikan keuntungan untuk anda.

2. Web dan Mobile Platform

Awalnya untuk menjangkau costumer maka pembisnis harus membuka cabang lain di lokasi yang berbeda, namun dengan kemajuan teknology hal tersebut sudah tidak perlu untuk anda lakukan lagi. Manfaatkan teknologi untuk mendapatkan lebih banyak costumer dengan cara ‘online’. Bisnis berbasis online baik versi mobile atau dekstop lebih dilirik konsumen saat ini karena mereka tak perlu lagi repot-repot keluar untuk mencari kebutuhan mereka. Mengonlinekan bisnis anda akan membuat costumer anda bertambah tanpa terbatas lokasi, maka dipastikan penjualan anda aka ikut meningkat.

3. Sistem Membership

Salah satu perilaku umum dari costumer ialah mereka menyukai money-saving teknology. Salah satu contoh money-saving technolgy ialah sistem card / membership, kartu keanggotaan yang berisi informasi poin yang dapat ditukar dengan sesuatu. Sistem membership akan membuat costumer berfikir mereka memiliki suatu keuntungan menghabiskan uang di bisnis anda, sistem membership ini dapat menarik costumer untuk datang lagi dan lagi.

4. Mobile Payment

Jika anda mulai melihat peluang bisnis secara online maka teknologi yang patut anda manfaatkan ialah mengadakan sistem pembayaran mobile, hal ini bertujuan agar tidak ada jeda dalam pembayaran produk, setelah costumer selesai menentukan barang yang dipilih ia dapat langsung melanjutkan ke pembayaran.

5. Free Wi-Fi

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok sebagia masyarakat pada era sekarang ini, segala sesuatu dilakukan dengan bantuan koneksi internet. Maka penyediaan Wi-Fi di lokasi bisnis anda dapat menunjang penjualan anda, costumer akan lebih menyukai lokasi yang dapat memberi kemudahan kepada mereka, seperti kemudahan berselanjar di dunia maya misalnya.

6. Blog dan Vlog

Untuk meningkatkan penjualan langkah pertama yang harus anda tempuh ialah membuat bisnis anda dikenal oleh orang-orang. Melalui blog dan vlog anda dapat memberikan informasi dalam bentuk tulisan maupun video kepada masyarakat luas. Berfikirlah secara kreatif tentang informasi apa yang akan anda bagi ke costumer anda, hal yang terpenting ialah buat costumer mampu mengingat anda dan brand anda saat ini. Dengan banyaknya informasi yang anda bagikan, akan membuka peluang untuk mendatangkan costumer baru kedalam bisnis anda.