7 Tips Mempertahankan Pelanggan

image

Pelanggan ialah sebuah elemen penting dalam sebuah bisnis retail, tidak mungkin bisnis anda dapat tumbuh besar tanpa adanya pelanggan. Bagi bisnis retail pemula mendapatkan pelanggan ialah tantangan besar para pelaku usaha, namun bagi beberapa bisnis yang sudah berkembang tantangan mereka berubah ke mempertahankan pelanggan agar tetap loyal, tak sedikit strategi harus ditempuh untuk mampu menarik perhatian pelanggan, lalu tantangan selanjutnya ialah mengajak ‘pelanggan’ menjadi ‘pelanggan loyal’.

Pelanggan loyal ialah pelanggan yang selalu kembali kepada anda dan bisnis anda untuk memenuhi kebutuhan mereka, tentunya tidak mudah mendapatkan pelanggan yang hanya percaya pada satu bisnis.

Namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan, ikuti beberapa tips berikut untuk membuat pelanggan anda tetap loyal :

1. Pekerjakan Orang Yang Tepat

Tidak mungkin bagi anda dapat menjalankan bisnis tanpa bantuan orang lain, anda tentunya perlu merekrut beberapa karyawan. Namun disini rekrutlah karyawan yang benar-benar dapat bekerja dengan profesional. Jika karyawan anda bekerja dengan baik dalam melayani pelanggan, dan pelanggan akan merasa senang maka dapat diprediksi bahwa pelanggan tersebut akan kembali lagi.

2. Menjadi Pendengar Yang Baik

Terkadang pelanggan memiliki segudang komplain yang harus anda hadapi, meski sulit usahakan untuk mendengar segala keluahan atau masukan dari pelanggan dengan baik. Tempatkan posisi anda sebagai pendengar yang baik, karena semua pelanggan selalu ingin didengar segala keluhannya. Dengan sikap anda menjadi pendengar yang baik bagi pelanggan anda hal ini juga dapat membangun hubungan komunikasi yang baik antara anda sebagai pelaku bisnis dan pelanggan anda.

3. Menjaga Kepercayaan

Salah satu hal yang membuat pelanggan bepindah ke kompetitor anda ialah karena mereka merasa bahwa anda tidak dapat lagi mereka percaya dalam membantu mereka memenuhi kebutuhan mereka. Bangunlah kepercayaan antara anda dengan pelanggan, dan jangan pernah sekalipun mencoba untuk mengkhianatinya jika anda benar-benar menginginkan mereka untuk menjadi pelanggan loyal anda.

4. Menjaga Kualitas

Kualitas produk ialah hal yang begitu dipertimbangkan oleh pelanggan. Pelanggan hanya mau membeli produk yang memiliki kualitas baik, maka sebagai pelaku bisnis tetaplah berusaha untuk mempertahankan kualitas produk anda, jika kualitas produk tidak berubah maka dapat dipastikan mereka yang senang dengan kualitas produk anda akan kembali dan menjadi pelanggan setia pada anda.

5. Terus Tingkatkan Pelayanan

Pelayanan terhadap pelanggan tidak boleh diabaikan, tempatkan pelanggan anda pada posisi pertama. Berikan pelayanan yang baik kepada setiap pelanggan anda. Mungkin pelanggan hanya membeli produk yang anda jual, namun sebagai pelaku usaha anda tidak hanya menjual produk, namun anda juga sekaligus ‘menjual’ pelayanan terhadap pelanggan.

6. Sapalah Pelanggan Anda

Salah satu jalan untuk menjangkau pelanggan ialah dengan melakukannya secara personal, jangan limpahkan semuanya kepada karyawan anda sedangkan anda duduk santai dalam ruangan anda. Ikutlah menghadapi pelanggan anda, pahami perilakunya bantu permasalahan mereka dengan baik. Saat seorang pemilik usaha terjun langsung ke lapangan hal tersebut dapat meningkatkan citra anda sekaligus bisnis anda dimata pelanggan.

7. Buat Pelanggan Mengingat Anda

Berilah kesan yang baik pada pelanggan anda, kesan yang baik akan selalu diingat. Mereka akan menjadikan kesan yang baik sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk tetap kembali lagi. Kesan baik yang anda tunjukkan juga akan membuat pelanggan anda tidak gampang melupakan anda begitu saja, tentunya mereka akan kembali untuk berbelanja produk anda.

turboly.com