Menjual Barang Mahal Tanpa Diskon

image

Jika produk anda tidak banyak terjual, harga akan menjadi hal pertama yang anda lihat. Menariknya hal tersebut bukan menjadi alasan satu-satunya mengapa produk anda tidak pernah keluar dari toko. Pada faktanya meningkatkan harga selaras dengan kualitas yang sering dijadikan untuk meningkatkan penjualan. Terdapat beberapa cara yang dapat anda ikuti untuk menjual produk mahal tanpa harus meyerah pada harga :

1. Biarkan konsumen mencari tahu

Saat harus membayar mahal, biasanya konsumen akan membutuhkan waktu untuk mempertimbangkannya. Mereka akan melakukan research apakah harga yang nantinya akan mereka bayar sudah cukup pantas? Untuk itu anda harus mempunyai sejumlah informasi yang akan dijadikan sebagai panduan untuk pembeli, melalui informasi tersebut pembeli akan mengerti apa keunggulan produk yang anda tawarkan, bagaimana kualitas yang ditawarkan. Akan lebih baik jika informasi terkait produk dapat diakses secara gampang oleh pembeli agar mereka berfikir anda yang terbaik dan dapat dipercaya.

2. Diskon tak selalu menjadi daya jual

Diluar sana terdapat begitu banyak kompetitor yang menjual produk dengan harga yang murah, hal ini tentu tidak dapat dihindarkan. Untuk alasan tersebut, penjualan diskon dijadikan jalan untuk menarik perhatian konsumen baru atau lama. Tapi jika konsumen datang meminta diskon hanya karena kompetitor anda memberi diskon, maka jangan beri diskon apapun. Anda menawarkan produk kualitas tinggi dan dihargai tinggi karena alasan yang jelas. Jangan memberikan diskon hanya karna kompetitor anda melakukannya, hal tersebut hanyak akan menurunkan kualitas produk anda. Anda bisa memberikan diskon jika mereka membeli lebih dari satu atau mereka akan setuju untuk membuat kerja sama jangka panjang, atau jika konsumen tersebut adalah target jual anda. Namun jika tidak ada alasan yang jelas, buat penyataan yang jelas mengapa anda tidak dapat memberikan diskon agar konsumen mengetahui alasannya.

3. Bandingkan berdasarkan kualitas, bukan harga

Konsumen sangat senang membandingkan satu produk dengan produk lainnya, namun sebagai penjual tugas anda ialah membangun perbandingan yang datang dari kualitas produk bukan dari segi harga. Hal ini penting untuk konsumen tahu bahwa mereka membeli produk sekaligus dengan fitur dan manfaatnya, bukan malah membeli harga produk tersebut. Pada dasarnya semua konsumen pasti mencari kualitas dari suatu produk, terlebih jika mereka sudah dikecekan oleh produk harga murah dengan kualitas minim. Pengalaman tersebut akan membuka mata mereka akan betapa penting kualitas dari suatu produk

4. Dorong konsumen untuk mencari tahu lebih banyak

Hal yang paling umum dilakukan oleh vendor low-proce ialah membuat situasi menjadi terasa darurat dimana konsumen harus membeli sekarang juga atau mereka akan kehabisan. Jika anda menjual produk dengan harga tinggi, dan anda begitu yakin dengan kualitas produk tersebut, maka jangan habiskan waktu untuk melakukan taktik seperti itu. Tunjukkan kepercayaan diri anda, biarkan konsumen mencari tahu lebih banyak tentang produk anda buat anda memperlajari tentang kualitasnya.

5. Beri kejutan setelah mereka membayar

Vendor low-price tidak bisa sembarangan memberikan hadiah kepada konsumen mereka, namun anda yang menjual produk dengan harga mahal bisa lakukan hal tersebut. Hanya saja perlu untuk diingat jangan beritahu tentang hadiah diawal transaksi, namun berikan sebuah hadiah kecil setelah kosumen membayar produk tersebut. Hal ini akan menjadi sebuah cara yang bagus untuk meningkatkan mutu anda dihadapan konsumen.

turboly.com