Mengubah Kelebihan Produk Menjadi Uang

image

Setiap bisnis pasti mengalami masalah, bahkan bisnis yang sudah sukses pun menghadapi beberapa masalah tiap tahunnya. Terasa tidak mungkin sebuah bisnis dapat berjalan sempurna tanpa adanya hambatan sedikit pun.

Disini salah satu masalah yang umum terjadi ialah kelebihan stok produk, bahkan ketika anda sudah meramalkan dengan baik. Masalah kelebihan produk biasa terjadi pada awal tahun saat dimana permintaan produk baru meningkat.

Saat masalah kelebihan produk ini menghampiri sebagian besar pembisnis bingung cara mengatasinya, berikut tips untuk mengubah kelebihan produk mejadi uang :

1. Adakan Diskon

Salah satu jalan yang paling umum untuk menjual kelebihan produk ialah dengan mengadakan diskon, meski anda berkemungkinan tidak mendapatkan untuk besar atau bahkan rugi namun tetap saja produk tersebut harus anda jual. Agar lebih efektif anda dapat menginfokan kepada costumer loyal anda perihal diskon tersebut. Dan hal lain yang harus diingat ialah tidak perlu terburu-buru mengadakan diskon, anda dapat melakukannya secara bertahap sambil melihat situasi, pilihlah waktu yang tepat untuk mengadakan diskon.

2. Pasarkan Kembali

Alasan produk tidak terjual mungkin karena tidak terpasarkan dengan benar, mungkin anda membutuhkan konsep baru untuk produk tersebut seperti mengambil ulang foto produk dengan konsep yang baru, langkah ini akan membuat konsumen berfikir ini produk baru yang belum dipasarkan atau anda mengadakan restock.

3. Ubah Posisi

Cara lain untuk menjual produk ialah dengan mengubah posisi duduk dari produk tersebut, tempat produk pada posisi yang mudah terlihat oleh konsumen untuk menarik perhatian mereka. Posisi letak produk begitu mempengaruhi, posisi yang tidak terlihat oleh konsumen akan membuat produk tersebut tidak pernah berpindah ke tangan konsumen.

4. Gabungkan Produk Menjadi Satu Paket

Salah satu strategi jual yang umum dilakukan oleh retailer ialah menjual produk secara bersamaan. Gabungkan beberapa produk menjadi satu harga jualnya lebih murah, ketimbang membeli secara terpisah.

Terdapat beberapa teknik dalam menggabungkan produk :

a. Gabungkan produk yang lebih cepat laku dengan produk yang kurang laku

Masalah kelebihan produk yang alami kemungkinan karena produk tersebut kurang diminati oleh konsumen, juallah produk tersebut bersamaan dengan produk yang pergerakannya cepat. Pelanggan yang senang dengan diskon akan tertarik dengan tawaran ini lalu berakhir dengan membelinya.

b. Mengabungkan produk yang sama

Taktik ini terlihat seperti “buy one get one”, disini anda menggabungkan beberapa produk yang sama menjadi satu paket. Anda mengharuskan konsumen membeli produk yang sama dalam jumlah yang lebih dari satu. Pergerakan produk otomatis akan lebih cepat dibanding tetap menjual per-unit produk. Untuk harga dapat anda sesuaikan, lebih baik tetap menjual denganharga yang lebih murah jika dibanding dengan membeli per unit.

c. Menggabungkan produk yang saling melengkapi

Jika beberapa produk yang over stock tersebut saling melengkapi, maka keadaan ini dapat anda manfaatkan. Jualah produk yang dapat saling melengkapi satu sama lain, seperti menjual susu dan kopi secara bersamaan.

5. Jadikan Sebagai Hadiah

Salah satu jalan lain yang dapat anda tempuh untuk menghabiskan produk yang berlebih tersebut ialah dengan menjadikannya sebagai hadiah untuk konsumen, kalkulasikan berapa jumlah yang harus dibelenjakan oleh konsumen untuk mendapatkan produk tersebut, misal jika konsumen anda berbelanja diatas Rp. 200.000 maka ia dapat membawa pulang produk tersebut secara gratis.

turboly.com