Tips Mengontrol Gudang di Lokasi Berbeda

image

Mempunyai sebuah gudang untuk menyimpan segala produk merupakan langkah yang baik untuk mengembangkan bisnis retail, namun saat anda berfikir untuk mengembangkan bisnis anda di lokasi yang berbeda maka otomatis anda juga harus mempunyai sebuah gudang lain dilokasi tersebut bukan?

Mengelola sebuah gudang sudah cukup menguras waktu dan fikiran anda, bagaimana jika harus mengurus lebih dari satu gudang?

Berikut tips yang dapat membantu anda dalam mengelola beberapa warehouse dilokasi yang berbeda :

1. Bentuk Tim Baru

Dengan membangun sebuah tempat persediaan barang yang baru anda juga akan membutuhkan orang-orang yang baru untuk membantu segala aktivitas mengontrol produk anda. Bentuklah sebuah tim baru untuk gudang yang baru tersebut, anda harus memilih tangan kanan yang dapat mengontrol segala pekerjaan digudang yang baru, karena tidak mungkin bagi anda untk berada di lokasi yang berbeda dalam waktu yang bersamaa bukan? Maka dari itu berikan mandat kepda seseorang yang benar-benar dapat anda percaya serta mampu melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

2. Komunikasi

Dengan berbedanya lokasi gudang yang baru tersebut dikhawatirkan akan terdapat beberapa kendala dalam pekerjaan, namun biasanya berbagai kendala tersebut datang karena kurang komunikasi. Kurangnya komunikasi akan mengakibatkan beberapa pekerjaan berjalan tidak sempurna. Untuk alasan itu maka sebagai owner anda harus mampu untuk meciptakan komunikasi yang baik dengan seluruh staff. Bagaimana jika terjadi hal genting secara mendadak yang mengharuskan anda berada dilokasi tersebut? sedangkan anda juga mempuyai sejumlah pekerjaan penting dilokasi yang berbeda? Anda dapat gunakan alternatif berkomunikasi, seperti fasilitas video call untuk berkomunikasi dengan seluruh staff anda. Dengan kecanggihan teknologi saat ini tentunya akan sangat membatu proses komunikasi anda dengan seluruh staff.

3. Penyusunan Barang

Anda sudah pernah membangun sebuah warehouse sebelumnya, maka untuk hal penyusunan barang tentu tidak lagi menjadi sebuah kendala yang besar bukan? Namun tetap perlu bagi anda untuk memberikan pengarahan kepada staff anda untuk melakukan penyusunan barang. Seluruh produk disusun berdasarkan kategori barang tersebut, dengan begitu akan mudah dalam pengelolaannya. Jadi ingatlah untuk memberikan pemahaman kepada staff anda tentang betapa pentingnya pengaturan produk dalam sebuah gudang.

4. Gunakan Inventory Management Software

Meski anda tidak berada secara langsung warehouse yang lain, namun anda harus mengetahui segala yang terjadi disana secare realtime. Untuk memastikan tidak ada yang berada diluar kendali anda semuanya mampu untuk and jangkau Bagaimana menjangaku sedangkan anda berada dilokasi yang berbeda? Gunakan sebuah software inventory management yang terkoneksi dengan semua gudang anda. Dengan adanya inventory control berbasis komputer ini akan benar-benar memberi kemudahan untuk anda ataupun staff anda.

5. Kunjungi secara rutin

Meski semunya terlihat berjalan dengan sempurna, namun bukan berati anda dapat bersantai tanpa perlu khawatir sama sekali. Sediakan waktu anda setidaknya sebulan sekali untuk mengunjungi semua lokasi bisnis anda, setidaknya agar para staff siapa sang owner. Perhatikan semua perkembangan bisnis anda secara langsung, jangan biarkan bisnis anda berda diluar kendali anda.

Mempunyai tempat persediaan barang di beberapa lokasi benar-benar dapat membantu kelancaran bisnis anda. Pekerjaan mendistribusikan barang tidak lagi terkendala jarak dan waktu, barang akan lebih cepat sampai ke tangan konsumen. Namun ingatlah rencana membangun beberapa tempat persediaan barang harus anda fikirkan dengan matang, karena jika gagal akan memberi pengaruh besar terhadap bisnis anda.

turboly.com