BAGAIMANA OFFLINE SHOP MAMPU BERTAHAN DI TENGAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI?

image

Dengan perkembangan teknologi yang melahirkan sejumlah toko online yang secara signifikan telah merubah kebiasaan belanja konsumen, mereka sudah senang berbelanja secara ‘online’. Disatu sisi ini merupakan kabar baik, dimana konsumen semakin mudah dalam menemukan barang yang mereka butuhkan, hanya dalam beberapa langkah proses pembelian selesai dilakukan, sungguh mudah bukan?

Namun dibelakang itu ada sejumlah toko offline yang kelangsungan bisnisnya terancam, disaat sebagian besar konsumen sudah beralih ke sistem online bagaiman bisnis mereka mampu bertahan?

Berikut beberapa solusi bagi para owner offline shop agar mampu bertahan ditengah perkembangan teknologi yang melahirkan jutaan toko online.

1. Menekankan pada kecepatan dan waktu

Belanja secara online membuat sejumlah shoppers harus menunggu beberapa waktu sampai barang tersebut sampai ketangan mereka, namun hal tersebut tidak tierjadi jika mereka membeli secara langsung. Nah sebagai toko offile anda dapat menjadikan ini sebagai kelebihan anda, denganterus meninggkatkan kemampuan anda untuk memberikan kepuasan instan kepada konsumen. Saat berkomunikasi dengan konsumen, tekankan fakta bahwa dengan berbelanja offline mereka dapat mendapatkan item yang dibeli saat itu juga tanpa harus menunggu. Saat menjual dengan mengandalkan kecepatan dan waktu, maka target pasar anda ialah orang-orang terdekat dengan anda, anda harus tahu itu. Mereka yang hanya perlu waktu lima menit sampai ke toko ialah pelanggan anda yang sebenarnya.

2. Kerja sama

Jika anda menyewa lokasi bisnis di sebuah shopping center, maka tujuan akhir anda dengan pemilik lokasi sama yaitu mendapatkan konsumen yang banyak. Disini dibutuhkan kerja sama antara pihak penyewa dengan pemilik lokasi untuk mendatangkan konsumen ke lokasi pusat perbelanjaan tersebut. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini anda tidak akan mampu menghadapinya sendirian, maka bekerja samalah dengan pihak yang memiliki visi misi yang sama dengan anda.

3. Interaksi personal dengan konsumen

Keuntungan lain menjalankan toko secara offline ialah anda berkesempatan melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen. Hal ini yang harus anda manfaatkan dengan baik, karena toko online tidak akan mampu melakukan hal ini, mereka tidak punya waktu untuk bertatapan secara langsung dengan pelanggan mereka.

4. Menjual Produk yang Unik

Jualah produk yang tidak dapat ditemukan ditempat lain, ini adalah salah satu cara untuk bertahan ditengan arus belanja online. Jika produk yang anda jual tidak dapat ditemukan secara online sekalipun, maka tak perlu khawatir karena konsumen akan secara langsung mendatangi anda.

5. Jadilah sang ahli

Jadikan retail shop anda sebagai yang paling ahli dibidangnya, buat anda berbeda dengan kompetitor anda. Maka dengan sendirinya konsumen akan menjadikan anda sebagai satu-satunya tujuan untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

6. Beli Online, Ambil Langsung

Strategy marketing yang dapat anda coba ditengah berkembangnya toko online saat ini yaitu dengan ikut masuk kedalamnya. Namun tidak juga meninggalkan sistem belanja anda yang lama. Anda dapat membuat sebuah sistem dimana pelanggan memesan secara online namun pengambilan barang secara langsung menurut lokasi yang telah ditentukan, lokasi yang juga berdekatan dengan lokasi si pembeli.

7. Bangun Citra Toko dan Produk

Sebagian besar toko retail tidak terlalu peduli dengan display produk mereka, dan ini merupakan sebuah kesalahan yang fatal. Dengan memperhatikan display produk anda akan mampu meningkatkat pejualan dan menujukkan citra produk anda kepada konsumen. Ciptakan suasana toko yang membuat konsumen memahami dengan benar kualitas produk anda, buat mereka mengerti bahwa produk yang yang terbaik yang tidak dapat mereka dapatkan secara online.

turboly.com