BAGAIMANA RETAIL DISPLAY MEMPENGARUHI PENJUALAN

image

Penataan display dapat mempengaruhi seluruh aspek dari bisnis retail anda, saat anda menggunakan dengan benar baik mannequins, rak barang, sudut display dan banyak lain yang dapat membantu anda mempromosikan, meninggkatkan citra bisnis, serta yang paling penting mampu meningkatkan penjualan.

Berikut ini beberapa tipe dari retail display dapat membantu anda untuk mencapai target tanpa perlu mengghabiskan waktu, ruang dan uang.

1. Konsep Pencahayaan

Pencayaan dapat memberikan atmosphere yang berbeda untuk toko anda, dengan memberikan pencayaan yang baik untuk sudut display akan mampu menarik perhatian konsumen. Dengan spotligth untuk bagian display juga membantu anda untuk mempromosikan barang terbaru, mata konsumen secara refleks akan tertuju ke bagian tersebut. Maka dalam penataan display anda tidak bisa mengabaikan konsep pencahayaan.

2. Penyusunan Produk di Rak

Penyusunan barang diatas rak tidak dilakukan secara sembarangan, barang yang disusun sebaiknya ditempatkan berdasarkan kategori tertentu. Dapat pula produk disusun karena saling melengkapi. Misal pada sebuah swalayan kopi akan ditempatkan berdekatan dengan krimer atau gula, karena produk tersebut saling melengkapi satu sama lain. Yang terpenting penyusunan produk diatur dengan rapi agar mudah untuk dijangkau oleh konsumen, konsumen tidak akan tertarik jika produk yang disusun berserakan tidak beraturan.

3. Kotak Display

Sediakan ruang kosong khusus untuk display, tempat display tersebut merupakan tempat khusus untuk memajang produk dengan harga tinggi, customisasi dengan memberi pencahayaan yang baik agar terlihat lebih atraktif. Dengan adanya tempat khusus tersebut produk anda akan terorganisasi dengan baik dan rapi. Serta merupakan kesempatan untuk menarik perhatian dari konsumen.

4. Mannequins

Jika bisnis retail yang anda jalankan terkait dengan fashion maka penggunaan mannequins merupakan ide yang sangat baik, pakaian yang ingin anda pamerkan akan terlihat lebih menarik dengan memasangnya pada mannequins ketimbang hanya menggantung di hanger. Curi perhatian konsumen dengan memberi gaya menarik di mannequins anda.

5. Desain Retail

Design dari ruang retail harus mampu memberikan kemudahan bagi konsumen saat pertama kali membuka pintu store anda. kesan pertama akan sangat menentukan dalam dunia retail, jadi pastikan segala sesuatu tentang toko anda cocok untuk mendapatkan kesan pertama yang baik. Selain itu, desain retail harus memfokuskan pada area promosi, untuk mencuri perhatian dari kosumen itu sendiri. Desain retail juga dapat diatur untuk mencegah terjadi pencurian dalam toko, pencurian tidak hanya dilakukan oleh konsumen namun juga dapat dilakukan oleh staff anda sendiri. Maka sebagai owner anda patut waspada akan hal tersebut.

6. Citra Produk Segala sesuatu yang anda tampilkan akan menunjukkan citra produk anda dihadapan konsumen. Hal kecil seperti jenis font yang anda gunakan di papan promosi akan ikut menunjukkan citra produk anda. Jadi setiap detail tidak boleh luput dari perhatian anda, karena itu akan menunjukkan seberapa baik citra anda dan produk dihadapan konsumen.

7. Ajang Promosi

Promosi merupakan ajang yang baik untuk menarik perhatian pelanggan baru, nah penataan display juga dapat menjadi aspek yang dapat anda promosikan kepada konsumen. Produk yang dipajang di display haruslah yang menarik yang dapat membuat pelanggan masuk ke toko anda.

Manfaatkan ruang dari retail anda secara efisien, tempatkan produk dengan kualitas terbaik di bagian terdepan, penataan display ini akan mempengaruhi penjualan. Karena bagian display ialah sudut pertama yang diperhatikan oleh konsumen. Jika penataan display menarik bagi mereka, maka dengan senang hati mereka akan melangkah masuk kedalam toko.

turboly.com