MANJAKAN LOYAL COSTUMER ANDA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

image

Loyal costumer layaknya pemandu sorak bagi bisnis anda, mereka yang menyebarkan hal positif mengenai bisnis anda kepada orang lain. Loyal costumer ialah mereka yang dengan senang hati kembali membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Sehingga memiliki loyal costumer merupakan hal yang sangat mengembirakan dan menguntungkan bagi bisnis anda.

Dengan memiliki mereka yang loyal dengan anda akan memberikan kemudahan bagi anda untuk menawarkan produk. Anda tahu kepada siapa anda akan menawarkan produk anda terlebih dahulu, dorong loyal costumer anda untuk melakukan pembelian lebih melalui beberapa tips dibawah ini :

1. Menyenangkan Costumer

Membuat costumer puas dapat dilakukan oleh siapa saja, namun jika anda mampu untuk menyenangkan costumer seterusnya maka hal tersebut akan menjadi alasan bagi mereka untuk kembali. Anda harus mampu melampaui ekspektasi costumer anda setiap kali berinteraksi dengan anda, lakukan secara konsisten. Beri alasan bagi mereka untuk menempel terus pada anda, dan kembali untuk membeli.

2. Personalisasi

Bisnis skala besar atau kecil telah mulai mempraktekkan straktegy one to one marketing. Dimana mereka menunjukkan kepedulian kepada costumernya secara individual. Cara anda memberikan perhatian kepada konsumen secara personal akan membuat mereka senang dan terus menjalin relationship dengan anda.

3. Berikan Garansi

Garansi adalah alat utama yang membuat pelanggan anda tidak pergi meninggalkan anda, beritahu kepada loyal costumer anda bagaimana dan dimana tempat mereka dapat meninggalkan komplain, hal tersebut akan menunjukkan bahwa anda memiliki kepedulian terhadap mereka.

4. Minta feedback

Jika anda tidak mengetahui apa yang constumer fikirkan tentang anda maka sulit bagi bisnis anda untuk berkembang, karena anda tidak tahu harus memulai dari mana, anda tidak mengetahui bagian mana yang menurut pelanggan tidak mereka sukai. Maka dari itu ingat untuk selalu meminta feedback dari loyal costumer anda, untuk mengetahui bagaimana pendapat mereka tentang produk dan service anda.

5. Berikan Penghargaan Karena Telah Menjadi Loyal Costumer

Pelayanan yang anda berikan kepada loyal costumer haruslah berbeda dari biasanya, mengapa? Karena mereka loyal. Loyal costumer harus lebih dimanjakan, berbeda dengan costumer lain. Memberikan penghargaan berupa bonus produk atau diskon khusus merupakan cara yang baik untuk membuat mereka tetap loyal.

6. Sarankan Produk

Untuk mendapatkan lebih dari loyal costumer, anda harus mampu memahami kebutuhan mereka. Inilah yang sulit untuk dilakukan, perhatikan record traksaksi mereka untuk melihat apa saja produk yang mereka senangi Melalui email atau phone call anda dapat menyarankan beberapa produk yang mereka butuhkan, atau anda dapat juga mengirimkan email berupa penwaran khusus bagi loyal costumer.

7. Tetap Berkomunikasi

Jangan biarkan anda dilupakan oleh costumer anda, hal itu tidak boleh terjadi. Bangunlah komunikasi yang baik dengan costumer anda dan itu rutin anda lakukan. Misalnya dengan mengirimkan email atau newsletter kepada costumer anda setiap bulannya dengan begitu costumer akan selalu mengingat keberadaan anda.

8. Beterima kasih jika mereka kembali

Kita ketahui loyal costumer ialah mereka yang selalu kembali untuk bertransaksi. Setiap kali mereka kembali datang kepada anda jangan pernah lupa berterima kasih untuk itu, bentuk terima kasih anda dapat anda berikan dalam bentuk yang berbeda jangan hanya sekedar ucapan. Berikan mereka bonus kecil untuk itu, hal tersebut akan membuat mereka untuk datang lagi dan lagi.

turboly.com