Penting Pelayanan Terhadap Konsumen

image

Banyak bisnis retail, terutama skala kecil kerap mengabaikan pelayanan yang mereka berikan kepada konsumen, retailer tidak menempatkan layanan konsumen pada posisi atas dan ini merupakan kesalahan yang besar.

Pelayanan terhadap konsumen yang buruk dapat menghambat kelancaran bisnis anda, karena pelayanan terhadap konsumen tidak hanya penting namun begitu vital bagi bisnis retail.

Berikut alasan mengapa pelayanan konsumen itu penting :

Alasan Pertama : Akan Diingat Oleh Konsumen

Pelanggan akan selalu mengingat jika pelayanan yang anda berikan sangat baik atau sangat buruk, anda tentu tidak ingin mereka tetap mengingatnya terlebih jika pelayanan yang anda berikan buruk. Namun pelayanan anda akan selalu ada dalam kepala konsumen. Karena konsumen tidak hanya melihat produk, namun juga terdapat interaksi layaknya obrolan ringan dengan orang yang mewakili bisnis anda. Jika pihak anda memberikan pelayanan yang baik, maka konsumen akan mengingat perusahaan anda dengan baik pula, namun jika sebaliknya maka akan sangat mungkin anda akan kehilangan pelanggan anda dan mendapat beberapa penilaian buruk dari mereka.

Alasan Kedua : Menunjukkan Kepedulian Kepada Pelanggan

Saat anda mampu memberikan pelayanan maksimal bagi konsumen, disitulah anda menunjukkan kepada konsumen bahwa anda peduli terhadap mereka. Mengingat konsumen ialah aspek penting dalam bisnis anda. Tanpa konsumen anda tidak akan bisa menjual produk atau jasa, jika tidak ada produk atau jasa yang terjual bisnis anda secara perlahan akan gagal dengan sendirinya. Sisi baiknya konsumen cenderung menyukai perusahaan atau bisnis yang menunjukkan kepedulian kepada pelanggan. Maka yakinlah dengan baiknya pelayanan yang anda berikan konsumen, mereka akan datang kembali dengan sendirinya, kembali ke alasan pertama konsumen mengingat pelayanan yang anda berikan.

Alasan Ketiga : Berdampak Seluruh Bisnis

Segala bentuk sikap dan perbuatan anda akan mencerminkan bisnis anda, jika anda memberikan pelayanan dengan baik, orang secara natural akan berasumsi produk yang anda jual memiliki kualitas yang baik. Sebaliknya jika anda memberikan pelayanan yang buruk, orang juga akan berasumsi produk anda tidak jauh lebih baik. Sehingga pelayanan yang anda berikan akan berdampak besar ke seluruh bisnis anda.

Alasan Keempat : Strategy Marketing Yang Baik

Menjalankan bisnis retail apapu dibutuhkan stategy khusus untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Salah satu strategi marketing dalam meningkatkan penjualan ialah dengan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Pelanggan mengingat pelayanan yang anda berikan, jika pelayanan tersebut baik dengan sendirinya pelanggan akan kembali datang untuk berbelanja lagi.

Alasan Kelima : Menarik Pelanggan Baru

Sebagai retailer anda tentu tidak boleh mengabaikan power of mouth, pelayanan yang anda berikan akan diceritakan kepada teman-temannya yang lain. Dengan baiknya pelayanan yang anda berikan pelanggan akan dengan senang merekomendasikan bisnis anda kepada temannya. Dan jika pelayanan anda buruk, maka bersiaplah dengan penilaian yang lebih buruk dari konsumen anda.

Kesimpulan :

Sebagai retailer anda harus mampu menempatkan pelanggan pada posisi pertama, pelanggan adalah aspek yang sangat penting bagi bisnis anda. Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, anda akan ikut mendapatkan keuntungan yang luar biasa bagi bisnis anda. Karena pelanggan tidak hanya melihat kualitas dari produk yang anda tawarkan, namun mereka juga melihat cara anda bersikap kepada mereka, baik atau buruk. Tingkatkan terus pelayanan terhadap pelanggan demi kelancaran dan perkembangan bisnis retail anda.

turboly.com