MENGEMBALIKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN

image

Kehilangan kepercayaan dari pelanggan bisa disebabkan oleh banyak alasan, sering kali kehilangan kepercayaan tersebut karena konsumen anda merasa kecewa terhadap produk anda atau pelayanan perusahaan. Hal lainnya yang juga dapat menjadi penyebab kehilangan kepercayaan saat apa yang dibutuhkan oleh konsumen tidak direspon atau didengarkan dengan baik.

Situasi seperti jika dibiarkan saja tidak akan baik bagi kelancaran bisnis anda, citra anda sangat dipertaruhkan pada posisi seperti ini, saat konsumen merasa tidak didengarkan dengan baik, maka mereka tidak akan ragu untuk beralih ke kompetitor, jika hal demikian terjadi maka anda telah kehilangan konsumen anda. Maka sebelum hal tersebut terjadi anda harus bergerak cepat untuk menarik kembali konsumen anda, kembalikan kepercayaannya buat mereka kembali jadi milik anda.

4 tips dibawah ini dapat membantu untuk mengembalikan kepercayaan dari konsumen :

TIPS 1 : AKUI PERMASALAHAN TERSEBUT SEBAGAI KESALAHAN ANDA

Saat kepercayaan konsumen hilang terhadap bisnis anda, maka letak kesahalan anda dipihak anda sebagai retailer. Sebagaimana pepatah lama mengatakan pelanggan adalah raja, maka logikanya raja tidak pernah salah. Akui hal tersebut sebagai kesahalan dipihak anda, dan anda dengan niat kuat berusaha untuk memperbaiki situasinya.

Silahkan ambil waktu untuk menghubungi konsumen anda, jelaskan permasalahannya dan pihak anda buat konsumen anda ikut memahami sudut pandang anda.

TIPS 2 : MINTA PENDAPAT KONSUMEN

Saat memiliki masalah dengan konsumen, maka anda harus menempatkan kosumen diposisi pertama. Tanyakan apa yang konsumen butuhkan dibandingkan dengan apa yang bisnis anda butuhkan.

Mintalah rekomendasi penyelesaian mengenai persoalan tersebut dari konsumen anda, dengarkan secara baik apa yang diinginkan oleh konsumen anda kali ini. Jangan buat kesalahan baru, karena bisnis anda sedang dalam posisi “siaga”.

TIPS 3 : BERIKAN GARANSI

Bila persolan ini berujung pada situasi dimana konsumen merasa dirugikan maka hal yang paling tepat untuk anda lakukan saat ini ialah berikan garansi kepada konsumen, buat mereka tidak perlu lagi merasa dirugikan. Jika anda melakukan hal ini, maka konsumen dapat melihat bahwa anda betekad kuat untuk memperbaiki situasi, rebut kembali kepercayaan mereka dengan memberikan garansi sebagai bentuk permintaan maaf anda.

Hal ini meyangkut dengan citra bisnis anda, bagaimana bisnis anda dimata konsumen. Bila bukan anda sebagai owner yang menjaga citra bisnis dihadapan konsumen dengan baik, jangan berharap orang lain akan melakukannya untuk anda.

TIPS 4 : TIDAK MENGULANGI KESALAHAN

Setelah permasalahan ini maka konsumen akan lebih menaruh perhatian kepada produk dan bisnis anda, satu kesalahan lain dari anda akan berakibat buruk. Maka jangan sesekali mengulangi kesalahan seperti mengecewakan konsumen ini lagi, bila itu terjadi akan sangat sulit untuk mengembalikan kepercayaan mereka kepada anda.

Pertahankan kualitas produk dan pelayanan kepada konsumen, agar mereka merasa senang bertransaksi dengan anda. Berikan pengarahan kepada staff anda untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen,

KESIMPULAN Kepercayaan dari konsumen adalah hal yang sangat penting untuk anda jaga, jadikan kepuasan konsumen sebagai prioritas utama ang harus anda jaga.

Konsumen anda tidak hanya membeli produk yang anda tawarkan, namun mereka ikut membeli pelayanan yang anda berikan, maka berikanlah pelayanan maksimal kepada konsumen anda agar mereka tidak merasa kecewa hingga berujung beralih ke kompetitor anda. Jaga dengan baik kepercayaan yang telah diberikan konsumen atas bisnis anda.

turboly.com