MENEMUKAN SUPPLIER YANG TEPAT UNTUK USAHA BARU

image

Melihat kesuksesan para pelaku bisnis tentu membuat anda iri, terbersit ingin juga memulai sebuah bisnis agar sukses seperti mereka.

Untuk langkah awalnya mulai dengan skala kecil terlebih dahulu, fikir anda tentunya. Namun perlu untuk anda ketahui menjalankan bisnis tidaklah mudah, sukses sekarang yang diraih oleh para entrepreneur telah melewati berbagai rintangan pada awal menjalankan usaha mereka.

Sebuah usaha baru meski dalam skala kecil harus dipersiapkan dengan matang, segala hal harus direncanakan dengan terstruktur. Untuk bisnis retail misalnya, hal yang begitu penting yang harus anda persiapkan ialah supplier.

Supplier ialah pihakyang menyediakan barang atau produk, terdapat begitu banyak supplier untuk beragam produk yang berbeda namun dari sekian banyak tidak semuanya cocok untuk bisnis anda.

Sebagai pelaku usaha baru tips dibawah ini dapat menjadi pertimbangan anda dalam menemukan supplier yang tepat :

  • 1. Harga

Sebagai pelaku usaha baru harga tentu menjadi pertimbangan utama, sehingga supplier yang menawarkan harga miring akan menjadi pilihan. Bagaimanapun, murah tidak selalu dapat dijadikan pilihan utama. Terlebih jika produk yang ditawarkan supplier tidak memiliki kualitas yang baik. Jika anda lebih memilih menjual produk dengan kualitas tidak baik, maka sama halnya dengan merusak bisnis anda sendiri bahkan sebelum anda mulai.

  • 2. Terpercaya

Terpercaya ialah hal lain yang menjadi pertimbangan anda dalam memilih supplier. Supplier terpercaya hanya mengirim produk dengan kualitas yang baik diikuti dengan pelayanan tepat waktu. Supplier besar biasanya cukup dapat dipercaya, karena umumnya mereka memiliki stok produk yang cukup. Namun sebaiknya tetap bangun hubungan baik dengan supplier skala kecil. Saat anda membutuhkan orderan mendadak maka ada supplier lain yang bisa anda hubungi.

  • 3. Stabilitas

Periksa sebelumnya seberapa lama pengalaman suppllier dalam bisnis ini, pastikan mereka telah sangat berpengalaman, artinya bisnis mereka dalam situasi yang stabil. Jika anda mampu, cari juga bisnis lain yang juga bekerja sama dengan supplier tersebut sebagai referensi anda. Stabilitas sangat penting terlebih jika anda membuat kontrak jangka panjang.

  • 4. Lokasi

Fikirkan pula tentang lokasi saat memilih supplier, jika anda mengutamakan kecepatan makan supplier lokal akan menjadi ide yang baik. Karena bekerja sama dengan supplier yang berlokasi jauh akan membutuhkan waktu pengiriman serta biaya ekstra untuk pengiriman, namun tidak salah juga jika anda ingin mencoba atau supplier yang berlokasi jauh tersebutlah yang menurut anda cocok dengan bisnis anda maka silahkan untuk melanjutkan. Jika anda memesan dalam jumlah banyak bisa saja bebas biaya pengiriman, atau anda bisa menggabungkan order sekaligus untuk menghemat biaya pengiriman.

  • 5. Bekerja sama lebih dari 1 supplier

Bekerja sama dengan 1 supplier mungkin memberikan keuntungan, namun disamping itu juga terdapat resiko. Apabila supplier bisnis tersebut tidak dapat melakukan pengiriman, maka bisnis anda berada dalam situasi bahaya. Bisnis anda akan ikut terhambat dengan situasi tersebut. Maka akan menjadi baik jika anda memiliki lebih dari satu supplier, jika 1 tidak dapat melakukan pengiriman ada supplier lain yang dapat melakukannya untuk anda. Bisnis anda akan tetap berjalan seperti biasanya.

Kesimpulan

Selektif dalam memilih supplier, lihat track record mereka selama ini dalam menghadapi pelanggan. Jangan hanya berpatokan pada supplier yang memberikan harga murah, namun ikut perhatikan kualitas dari produk yang mereka sediakan. Jangan pertaruhan modal yang telah anda keluarkan dengan menjual produk dengan kualitas rendah.

turboly.com