TIPS MENJALANI HUBUNGAN BAIK DENGAN SUPPLIER

image

Menjalani bisnis model retail yang mengharuskan retailer mengambil sejumlah produk dari supplier untuk dijual kembali kepada konsumen.

Supplier tersebutnya layaknya rekan kerja dimana hubungan dengannya harus anda jalin dengan baik, hubungan baik dengan supplier dapat memberikan beberapa keuntunga seperti harga yang menarik serta anda menjadi pelanggan yang diutamakan oleh supplier.

Yang menjadi pertanyaan bagaimana cara menjalin hubungan baik dengan supplier? Baca terus ulasan dibawah ini :

Tips Pertama : Membayar Tepat Waktu

Tips pertama membangun hubungan baik dengan supplier ialah membayar tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Kebanyakan wholesale distributor menjalankan bisnis dengankeutungan yang tipis, sehingga perputaran uang sangat penting bagi kelancaran bisnis mereka. Sebagai retailer, untuk skala kecil sekalipun membayar tepat waktu merupakan sebuah janji yang harus dipenuhi untuk menjadikan anda sebagai pelanggan yang dapat dipercaya.

Supplier sering kali melihat riwayat bayar para retailer, sehingga retailer dengan riwayat pembayaran yang baik akan mereka ingat dan mendapat service lebih untuk retailer tersebut. Semakin mudah anda membayar, akan semakin baik hubungan anda dengan supplier.

Tips Kedua : Pahamilah, Ada Pelanggan Lain

Bisnis retail skala kecil ataupun menengah memiliki banyak saingan, dan supplier tersebut bisa jadi juga melayani para kompetitor anda yang lain.

Untuk meningkatkan hubungan dengan supplier, sangat dibutuhkan kesabaran. Pahami kalau mereka setiap harinya juga sibuk melayani pelanggan. Tunggu respon balik dari supplier, karena mereka tidak mungkin mengabaikan pesanan anda, tidak mungkin. Sebagai supplier sekalipun mereka juga membutuhkan pelanggan.

Tips Ketiga : Jangan Menyalahkan Supplier

Jika ditengah perjalanan bisnis anda dengan supplier terdapat masalah, jangan lantas langsung membuat komplain dengan menyalahkan pihak supplier. Tahan diri anda untuk tidak bersikap demikian. Hadapi masalah dengan kepala dingin, diskusi dengan supplier untuk menemukan solusi yang tepat mengenai masalah tersebut, jangan menyalahkan pihak supplier. Dengan tidak bersikap menyalahkan tersebut akan membuat supplier menghargai keberadaan anda, dan akan mencegah terjadinya masalah kembali dengan anda.

Tips Keempat : Berteman dengan Supplier

Tidak ada salahnya untuk berteman dengan supplier, karena ini adalah hal yang harus anda lakukan sesama manusia. Berteman dengan supplier akan membuat hubungan bisnis anda jauh lebih baik, telepon yang anda tujukan tidak hanya untuk kepentingan bisnis namun dapat juga untuk mendapatkan obrolan yang santai. Berteman dengan supplier juga dapat memberikan keuntungan bagi anda dari segi harga, anda berkesempatan untuk mendapatkan tawaran harga yang lebih menarik.

Tips Kelima : Membuat mereka tahu apa yang anda butuhkan

Riwayat pembayaran yang baik dari pihak retailer akan menjadi catatan khusus bagi supplier, supplier cederung lebih memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan retailer. Supplier akan mencatat apa saja yang anda butuhkan dan membantu untuk memenuhi kebutuhan anda. Dan ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi bisnis anda mempunyai supplier yang dapat memahami kebutuhan bisnis anda.

Kesimpulan :

Sebuah bisnis retail sangat bergantung dengan supplier, tidak ada produk maka tidak ada yang dapat anda tawarkan kepada konsumen, lalu dari mana pendapatan anda akan datang? Maka penting bagi retailer menjalin hubungan baik dengan supplier.

Hubungan baik dengan supplier mampu meberikan beberapa keuntungan bagi bisnis retail, seperti penawaran harga yang menarik hingga peningkatan ketersediaan produk. Bisnis anda akan semakin lancar jika hubungan dengan supplier terjalin dengan baik.

turboly.com