Cara Hebat Membuat Ikatan Emosional dengan Customer Retail

image

Selain memperhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan harga dan kondisi produk yang ditawarkan, pemilik usaha retail juga harus memperhatikan aspek emosional customernya. Aspek emosional customer merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas customer.

Bayangkan jika Anda berbelanja produk dengan harga murah namun Anda sempat dibuat kesal oleh petugas yang bekerja di kasir karena kelalaiannya dalam menghitung barang belanjaan Anda. Tentu Anda tidak ingin berbelanja di sana lagi, bukan?

Nah berikut ada 4 cara hebat untuk membuat ikatan emosional dengan customer retail Anda. Yuk disimak!

1. Ciptakan Personality untuk Brand Anda

Tentu setiap brand memiliki profil target marketnya masing-masing. Maka dari itu, cobalah untuk membuat profil brand yang sesuai dengan profil target market Anda; Bangun personality untuk brand Anda. Jika Anda memiliki target market perempuan dan laki-laki yang bekerja di kantor dan memiliki penghasilan cukup tinggi, tentu Anda bisa membangun personality brand Anda sebagai brand yang professional dan teratur.

2. Bangun Interaksi dengan Customer Anda

Setelah menciptakan personality yang tepat untuk brand Anda, sekarang saatnya bagi Anda untuk membangun interaksi dengan customer Anda menggunakan personality yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika Anda memilih untuk menggunakan personality yang ramah dan menyenangkan, Anda bisa meminta para pekerja untuk memberikan kalimat sapa dan senyum hangat kepada setiap customer yang masuk ke dalam area toko Anda. Namun, jika Anda memilih personality yang dewasa dan professional, customer service Anda bisa menggunakan gesture yang biasa digunakan oleh personal assistant kepada atasannya.

3. Berikan Pengalaman Berbelanja Terbaik

Tidak ada satu pun customer yang akan loyal pada brand yang tidak memberikan pengalaman berbelanja yang baik. Namun, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang baik? Anda bisa memulai dari penempatan produk, memastikan keramahan dari customer service officer Anda, bahkan hingga kemudahan ekstra seperti perluasan hubungan dengan bank untuk memudahkan proses pembayaran customer.

4. Gunakan Elemen Lain yang Mendukung Kegiatan Berbelanja

Ada berbagai elemen lain yang dapat memdukung mood berbelanja customer; Mulai dari lagu yang diputar di dalam toko, berbagai hiasan dan ornamen yang bersifat musiman, hingga hal lainnya seperti keranjang belanja yang nyaman untuk digunakan customer selama berbelanja di dalam toko Anda. Dengan memperhatikan detail-detail tersebut, customer Anda pasti akan merasakan hal berbeda yang akan membuat terjalinnya ikatan emosional antara mereka dan brand Anda.

Itulah 4 cara hebat membuat ikatan emosional dengan customer retail yang bisa kami berikan kepada Anda. Semoga 4 cara tersebut bermanfaat untuk kelangsungan usaha retail Anda.

turboly.com