KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE DALAM USAHA RETAIL

image

Perkembangan teknologi telah merambah kedalam aspek kehidupan, banyak kegiatan tidak lagi dikerjakan secara manual namun telah berbasis digital dengan menggunakan beragam sotware pendukung.

Termasuk bagi bisnis retail, saat ini pelaku usaha bisnis retail telah mengupgrade sistem kerja mereka dengan menggunakan sejumlah software guna meningkatkan pelayanan terhadap costumer.

Selain meningkatkan pelayanan terhadap costumer, penggunaan software tersebut dapat mampu memberikan sejumlah keuntungan lainnya seperti :

1. Mengurangi Penggunaan Kertas

Jika sebelumnya sejumlah kegiata bergantung pada ketersediaan kertas maka saat beralih ke penggunaan software maka penggunaan kertas dapat dikurangi. Segala bentuk data dapat dapat disimpan dalam bentuk file elektronik tak lagi dicatat secara manual. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk kepedulian anda terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas.

2. Menghemat Waktu

Apapun aktifitas jika dilakukan secara manual tentu akan lebih lama dibanding dengan memanfaatkan teknologi. Bila bisnis retail yang telah menggunakan software kasir ditambah dengan dukungan scan barcode maka perhitungan barang belanjaan tidak lagi memakan waktu yang lama. Begitu pula dengan berbagai kegiatan lainnya yang telah terintegrasi dengan software komputer tentu akan terlihat perbedaan dalam waktu penyelesaiannya dbanding dengan saat masih dikerjakan secara manual.

3. Mengurangi Human Error

Berbagai kesalahan seringnya disebabkan oleh kesalahan dari manusia itu sendiri atau “Human Error” yang terkadang dapat menimbulkan sejumlah kerugian bagi bisnis tersebut. Dengan memanfaatkan software dalam pelayanan terhadap costumer maka dapat menghindari terjadinya kesalahan yang dapat menimbulkan kerugian bagi bisnis anda.

4. Meningkat Kemampuan Staff

Selain memberikan sejumlah kemudahan bagi kegiatan bisnis anda, penggunaan software ini juga mampu meningkatkan mutu sumber daya manusia (staff). Pekerja anda akan lebih melek terhadap teknologi, dan hal tersebut tentunya memberikan benefit tertentu bagi mereka.

5. Akurat

Keuntungan lain saat menggunakan software dalam mendukung bisnis retail ialah tingkat akurasi meningkat. Sebagai owner bisnis tentunya anda membutuhkan sejumlah data yang real dan akurat, terutama terkait dengan data keuangan. Maka hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan software accounting.

6. Meningkatkan Pelayanan Terhadap Costumer

Penggunaan software dalam bisnis retail memang ditujuakan untuk meningkatkan pelayanan terhadap costumer, dengan memberikan pelayanan yang baik kepada costumer hal itu akan berdampak pula pada peningkatan pendapatan bisnis anda. Palayanan yang baik tentu akan membuat costumer senang hingga membawa mereka kembali untuk melakukan pembelian lagi.

7. Akses Mudah

Saat memanfaatkan software bisnis retail tidak mengharuskan owner untuk berada pada lokasi bisnis sepanjang waktu. Terlebih jika software yang anda gunakan bersifat mobile, maka anda dapat mendapatkan data yang anda butuhkan kapan saja dan dimana saja, jadi penggunaan software juga membuat akses anda akan terasa lebih mudah.

8. Efisien

Pilihan software yang anda gunakan tentunya beragam, namun sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan software yang terintegrasi misalnya POS Kasir dengan Gudang Inventory. Bila beberapa kegiatan dapat dilakukan melalui satu software maka tentunya akan membuat kinerja menjadi lebih efisien.

9. Aman

Penting bagi anda untuk memperhatikan tingkat keamanan dari software yang anda gunakan, buatlah hak akses untuk software, jadi software tersebut tidak dapat diakses sembarang orang. Hanya mereka yang memiliki hak akses yang dapat mengaksesnya. Dengan begitu sejumlah data akan lebih aman, jika terjadi kesalahan akan lebih mudah untuk mendapatkan pertanggung jawaban.

turboly.com