MASIH MENGGUNAKAN SISTEM OFFLINE? JANGAN SAMPAI ANDA DIBILANG KETINGGALAN JAMAN

image

Dunia bisnis berkembang setiap harinya, untuk bisnis retail sendiri dapat diperhatikan perkembangan cukup pesat belakangan ini. Perkembangan ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang sudah tidak dapat dibendung lagi.

Pelaku bisnis retail “baru” umunya sudah tidak lagi menggunakan sistem offline, kebanyakan dari mereka memulai bisnisnya dengan sistem “online”.

Bagaimana dengan pelaku bisnis retail yang masih menggunakan sistem offline? Haruskan beralih ke sistem online?

Melihat perkembangannya sekarang ini maka jawaban yang tepat memang anda perlu upgrade ke sistem online, namun sebelum itu perhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Alasan mengapa tidak go online umumnya karena tidak mengetahui atau memahami bagaimana bisnis online tersebut. Nah tipe-tipe pelaku usaha yang awam teknologi seperti ini sangat beresiko pada saat-saat seperti ini. Untuk memulai secara online penting bagi anda untuk mulai mempelajari teknologi pendukung bisnis online. Meski sudah membangun bisnis anda sejak lama bukan menjadi jaminan posisi anda akan terus aman, mengingat saingan bisnis anda bertambah setiap waktu.

2. Perhatikan Pangsa Pasar Bisnis Online

Saat memutuskan untuk go online anda butuh sejumlah persiapan, terutama dalam menganilis pangsa pasar online. Pangsa pasar bisnis online jauh berbeda dengan bisnis tradisional, jarak jangkau pelanggan jauh lebih luas dibandingkan dengan bisnis tradisional.

3. Pahami Cara Kerja Bisnis Online

Setelah memahami dengan benar teknologi sekarang ini maka, anda harus pula mengetahui cara kerja dalam bisnis ini. Saingan di bisnis online tidak dapat dihitung, sehingga teknik pemasaran harus anda pahami dengan baik. Salah satu teknik pemasaran yang populer digunakan oleh pelaku bisnis online ialah “endorse”. Endorse ialah salah satu taktik supaya produknya dikenal oleh banyak orang karena dipakai oleh seseorang yang terkenal.

4. Product is a Key

Kunci dalam menjalankan bisnis online terletak pada produk yang ditawarkan, jika produk yang anda tawarkan merupakan jenis produk yang cukup dibutuhkan maka hal itu dapat menjadi sebuah awal yang baik.

5. Kolaborasi

Kolaborasi merupakan hal yang penting, namun sering diabaikan oleh beberap pihak. Ajak beberapa pihak yang memiliki passion yang sama dengan anda untuk kolaborasi dalam mengembangkan bisnis ini. Sesuatu hal yang dilakukan secara bersama terasa jauh lebih mudah dibanding dengan hal yang dilakukan seorang diri. Jadi ini bukan hanya tentang kompetisi, namun juga kolaborasi.

6. Tetap Pertahankan Bisnis Offline

Upgrade ke sistem online bukan berarti anda berhenti menjalankan bisnis secara offline, karena disatu sisi jika anda mampu menghandle keduanya dengan baik maka hal tersebut akan menjadi hal yang baik untuk bisnis anda. Karena dengan upgrade ke sistem online hal itu juga dapat menunjang bisnis offline anda, anda dapat melakukan promosi untuk keduanya dalam satu langkah.

Kesimpulan

Jangan baralih ke sistem online jika hanya tidak mau dibilang ketinggalan jaman, namun beralihlah ke sistem online dengan tekad dan tujuan untuk mengembangkan bisnis anda lebih jauh lagi. Kerena pada dasarnya sebelum “ go online “ dibutuhkan sejumlah persiapan dan pemahaman yang matang untuk mampu beralih ke sistem online. Di mulai dari pemahaman penggunaaan teknologi hingga strategy online marketing yang tentunya berbeda dengan offline marketing. Dengan persiapan yang baik akan membuat anda mampu bertahan dalam bisnis ini.

turboly.com