MENGATASI KERAMAIAN PENGUNJUNG DI TOKO

image

Musim liburan menjadi moment puncak bagi setiap industri retail, setiap store tentu akan dipenuhi pengunjung. Mendapatkan pengunjung yang ramai memenuhi store anda merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, namun pada situasi saat store penuh dengan pengunjung membuat anda dan para staff harus bekerja ekstra dalam memanage pengunjung tersebut. Dalam keadaan penuh sesak tentunya akan membuat suasana tidak nyaman terutama bagi pelanggan anda.

Situasi seperti ini harus dihadapi dengan penuh persiapan, berikut beberapa tips dalam mengatasi keramaian pengunjung :

1. Rencana Awal

Ini merupakan tahap perencanaan awal, galilah informasi mengenai hari-hari yang memiliki kemungkinan industri retail akan di penuhi pengunjung. Maka dengan informasi yang anda miliki tersebut, anda dan staff sudah melakukan sejumlah persiapan lebih dahulu. Beberapa persiapan yang dapat anda lakukan seperti menambah mesin kasir agar tidak menimbulkan antrian yang panjang, perlu juga bagi anda untuk memastikan pendingin ruangan berfungsi dengan baik, jika kurang anda bisa menambahkannya, menambakan shift staff yang bekerja pada hari itu, karena pengunjung yang ramai maka staff yang bekerja pun harus ditambah agar tidak kewalahan.

2. Membatasi Jumlah Pengunjung

Anda harus membatasi jumlah pengunjung yang masuk, tidak melebihi kapasitas maksimum. Untuk itu penjagaan pada pintu masuk dan pintu keluar harus dioperasikan dengan baik, dimana staff akan saling berkoordinasi dalam menangani jumlah pengunjung yang keluar dan masuk kedalam toko.

3. Peningkatan Keamanan

Banyak kejadian yang dapat terjadi pada saat toko ramai oleh pengunjung, untuk itu tingkatkan sekuritas toko pada hari itu. Biasanya pada saat toko ramai akan pengunjung akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan aksi seperti pencurian produk atau pencopetan barang milik pengunjung. Kepada pengunjung anda harus memperingati untuk menjaga barang pribadi milik mereka dengan baik agar tidak terjadi kehilangan, karena jika terjadinya kehilangan hal itu akan diluar tanggung jawan pihak toko. Tingkat keamanan diluar toko juga perlu untuk anda perhatikan, seperti keamanan di lokasi parkir kendaraan pengunjung.

4. Ruang Gerak Pengunjung

Disaat ramainya pengunjung maka ruang gerak pengujung akan semakin sempit dan tidak leluasa terutama pada pintu masuk dan keluar, maka hal ini harus anda antisipasi misalnya dengan memisahkan jalur masuk dan keluar. Atau menambah jumlah pintu masuk dan keluar agar lebih mudah untuk mengatur pengunjung yang masuk.

5. Persiapan Untuk Situasi Darurat

Anda tidak dapat memprediksi kejadian apa saja yang dapat terjadi pada hari itu, maka dibutuhkan persiapan khusus untuk menangani situasi darurat seperti penyediaan tool kesehatan untuk pertolongan pertama, antisipasi akan kebakaran. Staff anda harus diperingatkan untuk bersikap sigap dalam menghadapi situasi darurat, segera berkoordinasi dengan pihak ahli, seperti rumah sakit atau pemadam kebakaran.

6. Penambahan Jumlah Petugas Keamanan

Selain staff didalam yang bekerja didalam toko, staff yang bertugas menjaga keamanan juga harus dipersiapkan dan diberi ultimatum untuk selalu bersiap untuk situasi darurat pada hari itu.

Kesimpulan

Sebelum hari-hari yang diprediksikan akan ramai pengunjung anda sebagai owner beserta seluruh staff harus telah memiliki persiapan yang matang dalam menghadapinya, persiapan itu perlu agar anda tidak panik dalam menghadapi situasi sibuk seperti itu. Serta paling penting untuk memperhatikan tingkat kemanan didalam toko, kerena dengan ramainya pengunjung anda tidak dapat memprediksi kejadian yang akan terjadi didalam toko.

turboly.com