MENJALANKAN BISNIS RETAIL TIDAK HARUS SECARA ONLINE

image

Berkembangnya teknologi membuat banyak pelaku bisnis retail pelan-pelan beralih ke sistem online, terutama untuk mereka yang masih pemula membuka bisnis secara online kerap dijadikan sebagai pilihan. Bisnis secara online diketahui tidak membutuhkan modal yang besar, dengan modal yang minim mereka telah dapat menjalankan bisnis.

Apakah setiap bisnis retail harus secara online?

Terdapat beberapa alasan bisnis retail juga dapat dijalankan tidak secara online :

1. Sudah Memiliki Lokasi Usaha Tetap

Jika anda telah memiliki lokasi usaha tetap pula menjanjikan maka tetaplah menjalankan bisnis seperti sebelumnya. Terlebih jika costumer mudah untuk menjangkau bisnis anda, serta lokasi dimana anda menjalankan bisnis memiliki potensi yang kuat, maka tak perlu repot-repot bagi anda untuk go online.

2. Mampu Memanfaatkan Potensi Customer Lokal

Memang benar adanya bahwa menjalankan bisnis secara online memungkinkan untuk pelaku bisnis menjangkau costumer secara global, tidak terbatas oleh lokasi. Namun bukan berarti menjalankan bisnis secara offline membuat anda kesusahan mendapatkan kosumen, tidak. Perilaku belanja online memang terus meningkat, namun kebiasaan belanja secara tradisional juga belum sepenuhnya ditinggalkan masyarakat kita.

Anda harus mampu melihat potensi costumer lokal, manfaatkan keberadaan costumer lokal dengan sebaik-baiknya. Karena saat anda tidak menjalankan bisnis secara online maka fokuskanlah bisnis anda pada lokasi dimana dia berada.

3. Minat Costumer Lokal Lebih Tinggi

Sekali lagi anda harus mampu melihat potensi dari costumer anda, jika produk atau jasa yang anda tawarkan lebih diminati oleh costumer lokal maka apa perlu untuk anda berepot-repot beralih ke sistem online? Minat costumer setiap lokasinya akan berbeda satu sama lain.

4. Bisnis Anda Sudah Dikenal

Bila bisnis anda sudah beroperasi sejak lama ini juga dapat menjadi alasan anda tidak perlu go online, kerana sudah banyak konsumen yang telah mengenal baik produk atau jasa yang anda tawarkan. Yang perlu bagi anda hanya mempertahankan keadaan bisnis anda, serta terus meningkatkan pelayanan menjadi semakin baik

5. Produk atau Jasa Tidak Cocok Dijual Online

Tidak semua produk atau jasa yang anda tawarkan cocok dijual secara online, katakan saja anda menjalankan bisnis minuman cepat saji apakah dengan produk seperti itu cocok untuk anda pasarkan secara online? Tentu tidak bukan. Maka tak perlu repot-repot bagi anda untuk menjual secara online, manfaatkan saja costumer yang berada dilokasi sekitar anda.

6. Tidak Memiliki Banyak Kompetitor

Anda tidak dapat memprediksikan jumlah komptetitor anda jika bergerak secara online, berbeda bila anda menjalankan secara offline dimana jumlah kompetitor dapat anda prediksikan. Bila anda tidak banyak kompetitor, maka beruntunglah anda. Tak perlu bagi anda untuk mengonlinekan bisnis anda saat ini.

7. Jumlah Pelanggan Anda Stabil

Merubah ke sistem jual online salah satunya untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi, namun jika keadaan bisnis anda dalam kondisi yang baik artinya anda tidak kekurangan pelanggan maka belum waktunya untuk anda beralih ke sistem online, toh anda masih mampu bertahan sampai sejauh ini bukan?

8. Tidak mampu menghandlenya

Pahami dengan baik sejauh mana kapasitas kemampuan dalam industry ini, jika anda tidak memiliki kemampuan untuk menghandle bisnis secara online maka jangan sekali-kali berfikir untuk menjalankan secara online. Karena menjalankan bisnis secara online juga memerlukan skill dan kemampuan khusus, terutama dalam hal mendapatkan costumer, yang tentunnya terdapat perbedaan antara strategy marketing online dan offline.

turboly.com