7 Penyebab Kegagalan Mengembangkan Usaha Retail – Bagian 2

image

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan mengenai 3 penyebab kegagalan mengembangkan usaha retail. Kali ini kami akan menjelaskan 4 penyebab lainnya yang bisa Anda perhatikan ketika mengembangkan usaha retail Anda.

4. Pemberian Harga yang Tidak Sesuai

Seringkali pemilik usaha retail memberikan harga yang tidak sesuai. Terkadang masalahnya tidak se-sepele harga yang diberikan terlalu murah atau terlalu mahal. Namun, perihal bagaimana harga bisa memberikan pengaruh psikologis terhadap pelanggan.

Jika ditarik lebih jauh lagi, pemberian harga juga bisa membantu Anda dalam mengatur promo dan diskon.

5. Pengelolaan Sisa Barang yang Kurang Efektif

Tidak dapat dipungkiri, setiap usaha retail pasti akan memiliki sisa produk. Sisa produk itulah yang harus dikelola dengan efektif. Anda bisa membuatkan promo, clearance sale atau kegiatan pemasaran lain yang bisa membantu perputaran sisa barang menjadi lebih efektif.

Diskusikan dengan kerabat kerja Anda bagaimana agar pengelolaan sisa barang bisa menjadi lebih efektif!

6. Manajemen Keuangan yang Kurang Baik

Keuangan adalah aspek penting dalam mengelola usaha retail. Tentu manajemen keuangan yang baik sangat diperlukan, apalagi ketika penjualan produk retail sedang menurun. Setiap kali penjualan sedang naik, Anda harus dapat mengalokasikan dana untuk hal yang lebih bermanfaat.

Baik untuk menjalankan kegiatan pemasaran selanjutnya, atau disimpan untuk hal penting lainnya jika keadaan darurat terjadi.

7. Luputnya Faktor Lain yang Berhubungan dengan Customer Experience

Ada berbagai faktor lain yang memiliki pengaruh dengan customer experience; penempatan produk, kebersihan toko dan juga kesesuaian produk yang ditawarkan dengan trend juga bisa menjadi faktor lain yang mempengaruhi seberapa baik pengalaman yang dirasakan pelanggan.

Maka dari itu penting bagi Anda dan tim Anda untuk memperhatikan setiap detail yang ada pada usaha retail Anda. Dengan begitu, Anda bisa memberikan pengalaman yang lebih baik lagi kepada pelanggan.

Itulah ketujuh penyebab kegagalan mengembangkan usaha retail. Jika Anda saat ini sedang serius mengembangkan usaha retail Anda, pertimbangkanlah 7 penyebab kegagalan di atas dan pelajarilah berbagai aspek lain yang bisa membuat usaha retail Anda lebih berkembang lagi. Selamat mencoba!

turboly.com