Seberapa Menjanjikan Bisnis Retail Saat Ini?

image

Bicara mengenai peluang usaha, bisnis retail ini sedang marak dijalankan banyak pihak. Bisnis retail adalah bisnis yang menawarkan produk langsung kepada end user. Kelihatannya memang berjualan barang-barang kecil. Namun ternyata keuntungan yang dihasilkan dari bisnis retail saat ini sangatlah menggiurkan!

Menurut data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), pertumbuhan retail pada tahun 2016 berada di angka 10% sehingga mereka optimis bahwa di tahun 2017, pertumbuhan bisnis retail bisa mencapai 12%. Anda sendiri juga pasti bisa merasakannya; banyaknya mini market, online market place dan juga online store sudah menjadi salah satu bukti di mana pertumbihan bisnis retail sedang sangat pesat.

Pertumbuhan bisnis retail ini tentu didukung dengan pertumbuhan omset bisnis retail yang ada di Indonesia. Nilai penjualan riteil modern 2016 mencapai 200 triliun dan jika dikombinasikan dengan bisnis makanan dan minuman olahan maka secara keseluruhan totalnya bisa mencapai 1.630 triliyun.

Selain itu, kesuksesan bisnis retail saat ini juga dapat terlihat dari biaya tenaga kerja yang menjadi porsi terbesar biaya operasional pemilik bisnis retail (sekitar 30%). Bisnis retail berbentuk e-commerce pun juga terus menunjukkan perkembangannya. Tingginya persaingan usaha dan meningkatnya biaya operasional ditambah dengan semakin ketatnya regulasi yang ada membuat pebisnis retail pemula memulai bisnisnya secara online.

Saat ini, penetrasi bisnis retail di Indonesia dalam bentuk minimarket juga sangat tinggi. Pesatnya perkembangan format minimarket (termasuk convenience store) didorong oleh ekspansi usaha Alfamart dan Indomaret yang mengasai sekitar 87% pangsa pasar.

Tak heran jika prospek bisnis minimarket bagi beberapa pengusaha dianggap sangat menarik dan menjanjikan. Lihat saja beberapa brand besar seperti Carrefour, Hypermart dan Giant yang berhasil sebagian besar pangsa pasar yang ada di Indonesia. Namun bisnis retail lain seperti department store juga tidak bisa kita pandang sebelah mata karena brand department store ternama seperti Matahari, Ramayana dan Mitra Adi Perkasa menguasai hingga lebih dari 60% pangsa pasar di Indonesia.

Nah bagaimana dengan Anda?

turboly.com