BAGAIMANA MENGEVALUASI SUPPLIER ANDA?

image

Salah satu kunci utama menjalankan bisnis retail terletak pada supplier, supplier yang layaknya roda penggerak yang memegang peran penting dalam kelancaran bisnis anda. Tanpa supplier sebagai pemasok produk untuk toko maka bisnis anda bukan apa-apa.

Supplier yang baik berarti kualitas produk yang dikirim sesuai dengan deskripsi yang diberikan. Dengan begitu banyak jumlah supplier dan wholesale tentu sulit untuk menemukan yang terbaik.

Salah satu langkah dalam bekerja sama dengan supplier yang baik ialah dengan melakukan evaluasi terhadap mereka, point apa saja yang harus diperhatikan?

Simak ulasannya dibawah ini :

1. Menilai Kualitas produk

Kebanyakan costumer sangat teliti mengenai kualitas produk yang mereka beli, mereka tidak akan tawar menawar untuk produk dengan kualitas rendah. Point pertama dalam melakukan evaluasi terhadap supplier anda ialah dengan memeriksa kualitas dari setiap produk. Sudah sesuaikah dengan yang mereka utarakan? Catatlah bila anda menemukan salah satu produk dengan kualitas yang tidak sesuai, hubungi supplier anda untuk memberitahukan perihal kualitas produk yang kurang memuaskan tersebut. Untuk memudahkan anda bisa memberikan keretangan simbol bintang pada setiap produk, 1 bintang untuk produk dengan kualitas jelek, dan 5 bintang untuk produk kualitas terbaik. Sehingga anda memiliki acuan kualitas untuk setiap produk, jika supplier terus mempertahankan kualitas bintang 5 mereka maka itu akan menjadi hal yang baik untuk anda dan mereka juga tentunya.

2. Perbandingan Harga

Harga point lainnya yang harus anda evaluasi, anda bisa membanding harga anda bayar kepada supplier saat ini dengan suppler lainnya. Adakah perbedaan harga yang kontras? Bukan mencari produk dengan harga yang murah, namun jika ada supplier yang mampu memberikan produk dengan kualitas sebanding serta harga yang miring kenapa tidak?

3. Menilai Riwayat Pengiriman Barang

Bisnis retail sangat bergantung pada stok barang, sehingga setiap barang yang anda order harus dipastikan tiba tepat waktu sebelum anda kehabisan stok di toko. Perhatikan bagaimana supplier menangani pesanan anda, bagaimana dengan jadwal pengiriman barang?

Jika mereka sering terlambat dalam pengiriman maka jangan berfikir lebih lama, mungkin supplier lain sudah menanti ajakan kerja sama dari anda. Barang harus diterima sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, agar perputaran barang di toko tidak putus.

4. Menilai Pelayanan yang Diberikan

Bagaimana pelayanan yang ditunjukkan oleh supplier kepada anda selama ini? Bagaimana sikap mereka dalam menerima telepon dari anda? Supplier yang proffesional tentu akan memberikan service yang baik utuk pelanggan setia mereka, sikap ramah sangat dituntut dalam proses kerja mereka. Jangan bertahan dengan supplier dengan pelayanan yang buruk, telepon anda diabaikan, pesanan datang terlambat, jumlah pesanan tidak sesuai atau bentuk ketidaktelitian lain dari mereka.

5. Komunikasi

Adakah komunikasi yang terjalin antara anda dan supplier anda? apakah hanya sebatas proses pemesanan barang? Tentunya anda membutuhkan komunikasi yang lebih dari itu, sharing tentang trend bisnis terbaru atau produk terbaru yang dapat menunjang bisnis termasuk hal yang dapat anda diskusikan dengan supplier anda. Apakah supplier anda melakukan hal yang demikian?

Kerja sama yang sudah terjalin lama dengan supplier tidak lantas menjadikan mereka supplier yang terbaik untuk anda, sehingga jangan lupa untuk mengevaluasi kinerja mereka.

Lakukan evaluasi terhadap kinerja supplier untuk berdasarkan point-point penting seperti yang sudah diulas diatas.

turboly.com